Konfercab PCNU Menginspirasi Dunia

Pasuruan – menaramadinah.com: Pelaksanaan musyawarah cabang (muscab) PCNU menginspirasi dunia. Pasalnya pelaksanaan Muscab pada Minggu 19/9/2021 memakai sistem hybrid. Yaitu konferensi kali ini dilaksanakan dengan menggunakan sistem hybrid, yakni perpaduan acara luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring).

Ketua Panitia Pelaksana Konfercab NU Kabupaten Pasuruan 2021, Gus Saiful Anam Chalim mengatakan Konfercab secara hybrid untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 melalui kerumunan peserta. Sehingga meski tak semuanya berkumpul dalam satu lokasi, namun tidak mengurangi esensi dari konfercab itu sendiri.

“Karena kita masih di tengah Pandemi Covid-19, jadi mau gak mau harus dilaksanakan dengan dua metode alias hybrid. Supaya acara ini tidak menjadi potensi penyebaran covid-19 karena banyak orang yang hadir kalau dijadikan satu,” katanya.

Untuk lokasi utama Konfercab dilaksanakan di Aula Graha KH Ahmad Jufri, Komplek Kantor PCNU Kabupaten Pasuruan. Sedangkan para pemilik hak suara yang terdiri dari Ketua Ranting dan Ketua MWC NU mengikuti konfercab secara daring di 10 titik yang sudah ditentukan.

Diantaranya Kecamatan Kraton, (yang dihadiri oleh dua MWC Sidogiri dan Kraton ). Kemudian Kecamatan Kejayan, Wonorejo (MWC Wonorejo dan purwosari), Kecamatan Gondangwetan (yang diikuti MWC NU Pasrepan dan Gondangwetan), Kecamatan Puspo (Puspo dan Tosari), Kecamatan Winongan (Lumbang dan Winongan), Kecamatan Rejoso (Lekok dan Rejoso), MWC NU Sukorejo dan MWC NU Purwodadi (Tutur dan Purwodadi) serta Kecamatan Grati (Nguling dan Grati).

Sedangkan untuk Pemilihan Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan dan Rois Syuriah dilaksanakan secara drive thru. Kata Gus Saiful, pada saat menjelang pemilihan, setiap Ketua Ranting dan MWC sebagai pemilik hak suara akan dimobilisasi ke lokasi pemilihan dengan 45 mobil yang telah disiapkan.

Alurnya, begitu datang, mereka akan masuk ke lokasi melalui pintu utara, kemudian diwajibkan memverifikasi data peserta melalui sistem barcoding. Barulah setelah terverifikasi, maka langsung masuk dan melaksanakan hak memilihnya.

“Kalau sudah selesai memilih, dipersilahkan langsung meninggalkan Aula tanpa singgah lama-lama dan langsung masuk ke mobil kemudian diantar ke kecamatan masing-masing,” jelasnya.(aza)