Di Masa Pandemi,Etos Kerja Pengusaha Harus Tetap Di Pacu.

Oleh : Moch Agus Slamet, SE, MM Wapemred menaramadinah.com.

 

Kejelian pengusaha kecil dan menengah dalam mempertahankan hidup dan bisa terus berkesinambungan usaha yang sedang di jalankan perlu terus berinovasi agar tetap bisa bertahan dalam suasana yang masing pandemi ini.

Dalam usaha mebel misalnya, yang dahulu hanya memajang usahanya di sekitar tempat usahanya, mulai harus bisa berfikir untuk jemput bola dengan menyediakan armada guna memudahkan konsumen atau pembeli dalam mengantar pesanan agar segera sampai di tempat tujuan.

Menggunakan media untuk promosi yang di rasa mampu di angkat lewat media pemberitaan juga perlu di galakkan semisal menggunakan media di menara madinah misalnya.

Ke “ukilan” pengusaha dalam merespon perkembangan jaman mutlak harus di miliki guna menopang kelancaran hasil produksi yang di hasilkannya.

Kemampuan memproduksi tanpa di imbangi dengan kepandaian membaca peluang pasar, menentukan pasar yang akan di tuju atau yang akan di bidik,beserta kekuatan promosi dan pelayanan yang paripurna rasanya akan mudah di “salip” oleh para kompetitor.

Lain dari pada itu yang tidak kalah penting terus mengikuti jaman produk yang di hasilkan dengan tetap mengutamakan mutu tentunya.

Faktorkekuatan modal sebisanya tetap mengandalkan kekuatan finansial yang ada saja tanpa harus memaksakan diri untuk mengajukan pinjaman, agar tidak terbebani pengeluaran yang sia sia dalam bentuk pemberian bunga pinjaman.Bagaimana tanggapan anda.?