Bersih Desa Bandungan Saradan Lestarikan Tradisi Leluhur dan Wahana Silaturahmi Sesama Warga

Madiun.MenaraMadinah.Com. Jum’at pagi ( 20 / 08/ 2021) , warga masyarakat Desa Bandungan , Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun berbondong- bondong menuju lokasi acara slametan bersih desa atau nyadran.
Kegiatan nyadran Desa Bandungan dipusatkan di dua titik lokasi.

Untuk warga Dusun Jenangan, mereka mengikuti slametan nyadran di punden yang berdekatan dengan pasar desa, sedangkan warga Dusun Pare memenuhi kawasan Sendang Glagah Wangi yang nuansanya asri dan sejuk.

Menuju lokasi acara nyadran, para warga yang terdiri dari bapak- bapak, ibu- ibu, remaja , dan anak- anak membawa nasi berkat lengkap dengan lauk- pauknya berupa telur, urap, sambal goreng, urap, dan ayam panggang.

Setelah seluruh warga berkumpul dan Kades Bandungan Hudi Utomo menyampaikan sambutan, acara slametan nyadran dimulai dengan do’a yang dipimpin sesepuh setempat dan diamini oleh seluruh warga yang hadir di pagi yang cerah itu.

Usai do’ a, nasi berkat dibagikan secara merata
bagi semua orang yang menghadiri nyadranan.
Menurut Kades Bandungan Hudi Utomo, agenda nyadran tahun 2021 ini lebih ramai dari pada tahun sebelumnya.

” Terbukti yang hadir lebih banyak dari tahun lalu. Saya juga salut, para warga yang menghadiri nyadran memakai masker ,” tegasnya.

Dia menambahkan bahwa nyadran adalah tradisi leluhur yang telah dilaksanakan secara turun- temurun dan harus terus dilestarikan sebagai momentum untuk mempertahankan kearifan lokal suatu daerah yang bisa memperkuat jati diri bangsa serta wahana silaturahmi sesama warga .

Di kesempatan yang sama, Kades Bandungan Hudi Utomo juga mengingatkan masyarakat Bandungan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi di balai desa agar terhindar dari pandemi Covid- 19 .

” Supaya terhindar dari wabah Covid- 19, semua warga Bandungan dimohon untuk selalu tertib menjalankan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi , ” ujar Kades Bandungan yang menjabat sejak akhir tahun 2019 ini .

Melengkapi acara nyadran di Bandungan adalah kesenian tayub yang digelar secara singkat usai slametan di Sendang Glagah Wangi Pare dan punden dekat Pasar Bandungan. ** Bro- J**