Banggar Komisi X DPR RI Kerjasama dengan LPS Melakukan Giat Sosialisasi di Kampus Mandala Jember.

Jember-menaramadinah.com-Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Memiliki peran dan fungsi signifikan sebagai garantor/penjamin untuk memberikan kepastian serta rasa aman kepada nasabah.

“Keberadaan LPS yang berpayung hukum berdasar UU No.24 tahun 2004. Fungsi lainya yakni memelihara stabilitas sistem perbankan. Sehingga para nasabah tidak perlu khawatir dalam menyimpan dan atau melakukan transaksi perbankan,” Ungkap Anggota Badan Anggaran (Banggar) Komisi X DPR RI H. Muhamad Nur Purnamasidi dari Fraksi Golkar dalam acara sosialiasi yang digelar di Kampus Mandala Jember Jalan Sumatera Sabtu, 19 Juni 2021.

Sebelum kegiatan, dilakukan SWAB bagi semua yang hadir, serta mematuhi standar yang ketat dan disiplin sesuai protokol kesehatan.

Lebih lanjut, Politisi Partai Golkar yang masuk Senayan melalui Dapil IV Jatim ini menandaskan bahwa hal penting dan mendasar berkenaan dengan masih minimnya pemahaman serta kesadaran masyarakat terhadap perbankan.

Mereka lebih tertarik dengan pinjaman tanpa berbagai persyaratan, proses cepat dan uang segera di dapat.

Akhirnya sangat tergantung pada rentenir yang secara hitungan matematis sangat mencekik dan memberatkan. Ini tantangan tersendiri, bagaimana masyarakat kita tidak terjerat dalam pinjaman rente, bunga berbunga serta tidak memiliki badan hukum yang jelas.

Kenapa ini penting, lanjut pria alumni Fisip UNEJ menjelaskan Bahwa regulasi yang ada memang sudah di atur sedemikian rupa untuk meminimalkan berbagai kemungkinan terjadinya berbagai bentuk modus pinjaman maupun berkaitan dengan penipuan dalam bentuk “Investasi” arisan, misalnya.

Meski demikian, realitasnya masyarakat kita masih banyak yang belum seutuhnya memahami hal tersebut. Terlebih di jaman disrupsi teknologi, begitu marak pinjaman online yang bila tidak hati-hati dan waspada bisa dengan mudah terjerat dalam berbagai iming iming pinjaman dengan syarat ringan, proses mudah dan cepat. Padahal dibalik itu, tersembunyi jeratan yg sangat mencekik dan sangat merugikan bagi peminjam. Ungkapnya dengan nada serius.

Karena itulah, kegiatan sosialisasi LPS seperti yg dilakukan di kampus Mandala Jember ini menjadi penting dan menemukan relevansinya,” Pungkasnya. Om Lyan.