*APA YANG SALAH DENGAN PANCASILA?*

Apa yang salah dengan Pancasila?! Tidak ada yang salah dengan Pancasila.
Tidak ada yang salah dengan perbedaan, apapun. Yang salah jika kita tidak memiliki rasa Ke-Tuhanan, tidak memiliki rasa Kemanusiaan, tidak memiliki rasa Persatuan, tidak mampu bermusyawarah untuk mufakat, tidak memiliki rasa Keadilan, sehingga salah kalau kita tidak memiliki toleransi yang benar.

 

Perbedaan agama, perbedaan budaya, perbedaan sudut pandang, tidak seharusnya menyebabkan perpecahan. Sikap egois dan mementingkan diri sendiri dan golonganlah yang menjadi sebab perpecahan.
Dalam perbedaan pasti ada benang merah pemersatu untuk kepentingan bersama yang lebih besar.

Pancasila bukan agama, tapi Pancasila bisa mengatur umat penganut berbagai macam agama yang berbeda. Tuhan pun menciptakan perbedaan, begitu mudah bagi-nya kalau untuk membuat semuanya sama, tapi perbedaan itu ada untuk mengajarkan dan menguji kita menjadi manusia yang lebih bijaksana.

Pancasila adalah pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, yang harus dikenalkan sejak dini, dan dikembangkan secara terus-menerus dalam tindakan yang menjadi kebiasaan.
Pancasila seharusnya masuk dalam kurikulum pendidikan sebagai mata pelajaran wajib nasional di semua jenjang. Pancasila seharusnya ditulis pada konsideran setiap peraturan perundang-undangan untuk pengingat dan pembiasaan. Pancasila adalah Pemersatu untuk Indonesia Tangguh.

 

Dengan Pancasila akan terjaga jati diri bangsa.
Selamat Hari Lahir Pancasila!
Pancasila Sakti!
Indonesia Jaya!

#Yanti Devi Wijaya
Guru SMK Negeri Wongsorejo, Banyuwangi