Piknik Keluarga dan Cerita Rahasia Pantai Guamanik Jepara

Oleh : Mashuri Alhamdulillah.

 

Apa arti sebuah nama? Hmmm. Lagi-lagi ngutip Shakespeare. Namun, apa mau dikata, ketika saya nyampai di Pantai Guamanik, Donorojo, Jepara, saya pun langsung mencari gua. Usut punya usut, meski bernama Guamanik, ternyata tidak ada gua. Lho!

Begitulah, pagi ini, saya dan keluarga besar Bani Kasir di Grogolan, Dukuhseti, Pati, piknik kecil-kecilan di Pantai Guamanik. Kami membawa buah-buahan untuk rujak bersama. Juga ikan mentah serta bumbu untuk dibakar lalu makan berjamaah. Hmmm. Murah meriah, guyub, dan asyik.

Kembali ke soal Guamanik, saya pun ingin mengobati rasa penasaran objek dari Benteng Portugis, Ujung Watu, Donorojo, Jepara. Alhasil saya pun menanyai beberapa orang aseli Guamanik. Hasilnya, bukan berarti tidak ada gua, sehingga nama dusun yang menjadi nama objek wisata disebut Pantai Guamanik. Namun, guanya gaib. Hanya orang yang punya penglihatan batin yang bisa melihatnya. Hiiii…

Meski demikian, saya menemukan sebuah cerita di balik gua itu. Tapi saya mau makan ikan bakar hasil bakaran bersama dulu ya! Cihui!

MA
On Guamanik, 2021
Ilustrasi jepretan sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *