UKW Angkatan VIII PWI Bali

 

Bali-menaramadinah.com-Status kompeten dalam sebuah Uji Kompetensi Wartawan (UKW), adalah pencapaian awal. Sebab, setelah ini, hasil karya jurnalistiknya harus lebih profesional, kredibel, berimbang dan independen.

Dalam UKW memang tidak ada istilah Lulus dan Tidak Lulus. Namun Kompeten dan Belum Kompeten. Sebab, pada dasarnya, pesertanya adalah wartawan.

Kenapa sampai tidak berhasil atau berstatus Belum Kompeten. Banyak hal yang menyebabkannya, di antaranya faktor teknis dan non teknis.

Misalnya, peralatannya ngadat, grogi sejak awal, sehingga ketika proses wawancara atau pendalaman dari penguji, mereka lupa semua yang sempat dipelajarinya.

Dalam UKW yang diujikan adalah pengetahuan, skill dan sikapnya dalam memahami kode etik jurnalistik, P3 SPS, pedoman pemberitaan media siber.

Menjadi wartawan memang harus tahu semua hal. Tapi tidak boleh sok tahu. Sehingga sering membaca, adalah syarat dasar agar tulisannya lebih berisi. Baca apa saja, mulai buku, jurnal, majalah, tabloid atau searching di internet.

Macmud Suhermono