Wabub Jember menerima kunjungan Panitia Garuda Terbang.

 

Jember 22/mei 2021 MenaramedinahSecara mendadak Tim Pusportdirga TNI AU bertolak dari Malang lewat jalur darat menemui Wakil Bupati Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman. Wabup menyambut tamunya di ruang rapat di samping ruang Wakil Bupati Jember, Sabtu (22/5/2021) pukul 15:45 WIB.

Ternyata, kedatangan rombongan dari TNI AU dalam rangka mempersiapkan suatu acara kedirgantaraan menyambut Hari Kesaktian Pancasila. Pusportdirga TNI AU membentuk Kepanitiaan dalam kegiatan tersebut. Kepanitiaan Garuda Terbang terdiri dari personel Pusportdirga, PB FASI, dan Lanud Adisucipto.

Tim dipimpin Letkol Kes Drs Irwanto sebagai Wakil Ketua Panitia Pelaksana dan didampingi pula oleh Dan Pos Lanud Notohadinegoro Jember Peltu FH Prastiswa.

Wabup Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman menyambut tamunya dengan bangga dan antusias. “Ini penting sekali bagi Jember utamanya menghidupkan lagi olahraga kedirgantaraan,”ucap Gus Firjaun sapaan Wabup usai rapat.

Menurutnya Kabupaten Jember secara topografi memiliki banyak bukit yang sangat cocok untuk olahraga kedirgantaraan. “Kegiatan itu nanti akan mempercepat promosi Kabupaten Jember, mengingat olahraga paralayang paramotor ini olahraga elit sehingga mempromosikannya lebih cepat,”kata Gus Firjaun dengan bangga.

Wabup berharap kerjasama dan kolaborasi dengan TNI AU tidak berhenti di sini saja. Ia mendengar dari tamunya akan didirikan sekolah-sekolah penerbangan di Jember.

Wabup akan mendukung penuh kegiatan tersebut. “Kami akan menyiapkan segala sesuatunya yang dibutuhkan karena ini melibatkan beberapa kabupaten seperti Jogyakarta, Malang, Jember dan Banyuwangi,” tandasnya.

Dalam rapat itu Wabup juga didampingi Plt Kadishub, Plt Kadisparbud, Plt Kadiispora, Plt Kasatpol-PP, Plt Kadiskominfo, Plt Kabag umum, dan Plt Kabag Prokopim. Juga hadir David Handoko Seto, anggota DPRD Jember.

Sementara itu Direktur Bidang Minat Dirgantara TNI AU, Letkol Kes Drs Irwanto, mengapresiasi dukungan Pemkab Jember pada acara Garuda Terbang.

“Kami dari Pusportdirga TNI AU harapannya bisa menghibur warga masyarakat Jember, sehingga lebih berminat pada olahraga dirgantara” kata Letkol Irwanto.

Panitia akan menerbangkan total 14 pesawat, 8 dari Jakarta dan 6 dari Jogjakarta. Rute yang akan ditempuh, berangkat dari Jakarta-Jogyakarta-Malang-Jember-Banyuwangi.

Jenis pesawat, Letkol Irwanto menjelaskan, 12 jenis fixswing (pesawat kecil hanya 2 orang) dan 2 pesawat traix (gantole yang diberi mesin).

“Di Jember nanti kami akan melakukan static show (red show force) untuk menghibur masyarakat,” kata Letkol Irwanto. Direncanakan kegiatan Garuda Terbang di langit Jember pada tanggal 29 Mei 2021. STA