Mengenal Eko Jarwanto ,M.Pd , Guru Sejarah Berprestasi Tingkat Nasional dan Penulis Buku “Ngandjoek Dalam Lintasan Sejarah Nusantara”

Nganjuk.MenaraMadinah.Com, Kecintaan pada dunia edukasi dan Sejarah memotivasi Eko Jarwanto,M.Pd yang berprofesi sebagai Guru Sejarah di SMA Assa’addah Bungah Gresik untuk terus berkarya menulis buku Sejarah.

Pria berputra dua ( Ahmad Syahdan Maulidurrohman dan Muhammad Arya Syailendra ) kelahiran Desa Petak, Bagor, Nganjuk 8 Oktober 1986 ini telah menyelesaikan penulisan buku berjudul ” Ngandjoek Dalam Lintasan Sejarah Nusantara ” pada Maret 2021 lalu.
“Buku yang saya tulis ini merupakan kado untuk

Hari Jadi Nganjuk Ke-1084 “, ujar suami dari Fahimatul Anis saat dikunjungi jurnalis media online ini ketika mudik di kampung halamannya Petak, Bagor (21/5/2021).

Jauh sebelum menulis “Ngandjoek Dalam Lintasan Sejarah Nusantara” , alumni Pasca- Sarjana Pendidikan IPS UNESA ( 2011- 2013 ) tersebut ternyata telah pula memiliki banyak karya buku Sejarah seperti ” Merajut Sejarah”( Kumpulan Naskah Essai dan KTI Terbaik), ” Gresik : Mutiara Pulau Jawa”, “Gresik: Kajian Sejarah Sosial dan Ekonomi Abad 14- 18 Masehi “, Gresik Punya Sejarah : Peran Gresik Dalam Lintasan Sejarah Nusantara ) , Jejak Sejarah dan Budaya Desa Kisik ” , Sejarah Cikal Bakal Desa Suci dan Budaya Rebo Wekasan , dan masih banyak lainnya.

Prestasi Eko Jarwanto, M.Pd sebagai seorang Guru Sejarah juga sangatlah membanggakan.Alumni SMAN 3 Nganjuk 2005 ini telah meraih lebih dari 14 Penghargaan Nasional , 19 Penghargaan Provinsi Jawa Timur , dan 3 penghargaan tingkat Kabupaten / Kota Gresik.

Dalam bidang organisasi profesi dan sosial, Eko Jarwanto, S.Pd mempunyai peran signifikan yaitu menjabat sebagai Ketua Komunitas Peduli Sejarah dan Budaya ,” Bhumi Pantura” , Pengurus Pusat Asosiasi Guru Sejarah Indonesia Divisi Penelitian dan Pengembangan serta pengurus MGMP Sejarah Provinsi Jawa Timur.

Buku “Ngandjoek Dalam Lintasan Sejarah Nusantara” yang merupakan karya terbaru lulusan SMPN 1 Bagor tahun 2002 tersebut mengangkat topik- topik kontroversial mengenai Sejarah yang ada di Nganjuk.

Beberapa kontroversi Sejarah Nganjuk yang diungkap yakni terkait dengan makna penyebutan kata Nganjuk ,angka tahun masa pemerintahan Bupati Berbek Kanjeng Jimat ( Sosro Kusumo) , peristiwa “Boyongan” dari Berbek ke Nganjuk , dan penyebutan secara resmi nama pemerintahan Nganjuk.

“Dalam menyikapi beberapa peristiwa Sejarah yang kontroversial , maka perlu disikapi dengan jernih dan dikedepankan sikap keilmuan dengan bukti- bukti Sejarah yang sahih. Untuk hal ini, bukti Sejarah menjadi acuannya , bukan berdasarkan dugaan atau prediksi semata.

Banyaknya kontroversi Sejarah merupakan keragaman sudut pandang dalam menyikapi suatu peristiwa yang tetap harus dihargai dan juga perlu untuk dikritisi”,pungkasnya.@Bro-J