Gelar Pitu Petani Osing Banyuwangi

 

Banyuwangi – menaramadinah.com-Masyarakat petani Osing yang tinggal di pedukuhan dikelilingi persawahan di kampung Dukuh Talun Jeruk desa Glagah, kecamatan Glagah, kabupaten Banyuwangi menggelar “Tradisi Gelar Pitu” yang dilaksanakan pada hari ke tujuh Syawal,sore ini (Rabu 19/5/2021).

 

Ritual komunal kali ini dilaksanakan pada situasi pandemi dengan sangat hati-hati mulai dari menyiapkan sesaji dan tata perilaku tertentu, tertutup untuk umum agar tidak menimbulkan kerumunan orang, semua harus mengikuti protokoler kesehatan yang diawasi ketat langsung oleh satgas covid – 19, kepala desa maupun dari polsek setempat.

Inti yang terdapat dalam ritual komunal ini adalah sebagai rasa syukur kepada Tuhan YME juga sekaligus memohon keselamatan agar senantiasa dilindungi dari segala malapetaka, balak penyakit yang bersifat alamiah maupun berupa gangguan gaib termasuk untuk mengusir pageblug pandemi covid-19 ini.

Masyarakat Osing ini masih mempercayai bahwa mereka tinggal di tanah leluhur dan menyadari bahwa ritual ini digelar sebagai media berkomunikasi dengan sesuatu di luar dirinya dan juga merupakan bentuk ikhtiar manusia untuk lebih memahami dan menyelaraskan hidup dengan apa yang ada di sekitarnya.

Mereka percaya bahwa kehidupan manusia akan berjalan baik apabila keharmonisan dalam masyarakat, dengan alam dan dengan Tuhan Adikrodati tetap terjaga.

Semoga pagebluk corona segera sirna !!

(By Aekanu – Kiling Osing Banyuwangi)