Semoga Kita dirahmati-Nya Setelah Bulan Suci Ramadlan 1442 H

Oleh : Yahya Aziz.
Inilah salah satu doa dari nabi yang dibaca oleh guru saya awal bulan syawwal 1442 H :
‏أَللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ
صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

“Wahai Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah aku ini sebagai orang yang di Rahmati bukan yang terhalang dari Rahmat”
Meskipun ramadhan telah pergi, namun semangat nilai nilai ramadlan yang harus kita praktekkan di awal bulan Syawal ini. Jika kita di bulan ramadhan kemarin, kita semangat berpuasa, solat sunnah tarawih, tadarus alquran, berbagi takjil, zakat maal, saling membantu dan berbagi. Puasa mulut (tidak mencela), puasa telinga ( selalu mendengar yang positif), puasa ✋ tangan (tidak menyakiti sesama), puasa wajah ( tidak cemberut dan menyenangkan orang yang memandang), maka inilah yang sejatinya dipraktekkan oleh pribadi umat muslim di luar romadhon.
Jika kita mmampu mempertahankan nilai nilai ramadhan di awal bulan syawwal sampai ramadhan tahun depan,…Andalah mendapat Rahmat-Nya.
Itulah gambaran alquran, setelah TRAINING SPRITUAL sebulan menjadi pribadi pribadi yang LA’ALLAKUM TATTAQUUN”, pribadi yang menyenangkan dan menggembirakan orang.
Bukan pribadi yang suka adu domba, bikin hoax, saling fitnah memfitnah dan menyusahkan orang.
Tahukah Anda ulat berpuasa ? Ya ulat makhluk yang hina, dicaci maki oleh manusia karena berbau busuk. Akhirnya ulat TIRAKAT tidak makan dan minum, berpuasa, berproses menjadi ENTUNG….. berproses menjadi KEPOMPONG….
Dan puncaknya menjadi KUPU-KUPU yang indah selalu dicintai oleh makhluk bunga dan manusia….. INILAH PENDIDIKAN KARAKTER PUASA YANG BERHASIL.
Seharusnya ada efek yang positif setelah 30 hari menjalani TRAINING SPRITUAL Ramadhan 1442 H melawan hawa nafsu mulai fajar subuh sampai menjelang maghrib ?
Menurut Agus Mustofa (2004), ada 7 tanda tanda yang bisa dijadikan parameter seorang muslim atas keberhasilan seseorang setelah menjalankan ibadah puasa 30 hari.
Tanda tanda itu adalah :
1. Badan lebih sehat
2. Emosi lebih rendah dan terkendali
3. Pikiran lebih jernih
4. Sikap lebih bijaksana
5. Hati lebih lembut dan peka
6. Ibadahnya lebih bermakna
7. Lebih tenang dan tawadhu dalam menjalani kehidupan.
Dari ketujuh tanda di atas dapat gambaran yang jelas dan komprehensif berhasil tidak nya seseorang dalam berpuasa selama satu bulan.
Itulah PUASA HAQIQI yang sesungguhnya, yaitu menjadi PRIBADI YANG BERTAQWA…….
Apakah puasa kita berhasil dan sukses ? Jawabannya ada di hati nurani masing masing……
Barakallah…..
( Diskusi Training Spiritual Romadhon 1442 H bersama sekeluarga Alumni PMDG Ponorogo : Aziz 1992, Azmi 1997 & Aldi 2020 )
# Wali santri Gontor Ponorogo & Lirboyo Kediri, Kolumnis Menara Madinah com dan buku Para Kyai Pejuang Kemerdekaan#