Air Sumur Masjid Agung Sang Cipta Rasa Kasepuhan Cirebon

Air paling murni di dunia disebut-sebut berasal dari sumur zam-zam yang di Makkah, Arab Saudi. Tapi siapa sangka, di Kota Cirebon terdapat sumur dengan air yang sama berkhasiat. Sumur ini terdapat di Masjid Agung Cipta Rasa Kasepuhan Cirebon. Berikut ini laporan Dido :

Masjid Agung Sang Cipta Rasa, atau disebut juga Masjid Agung Kasepuhan adalah masjid tertua di Kota Cirebon. Masjid ini dibangun pada 1480 oleh beberapa Wali Songo antara lain Sunan Kalijaga dan Sunan Gunung Jati.

Hampir tiap bangunan masjid ini punya filosofi tersendiri. Salah satu bagian yang paling sakral adalah sumur yang sekaligus jadi tempat berwudhu. Sumur ini terletak di beranda bagian utara Masjid Agung Cipta Rasa. Namanya adalah Banyu Cis Sang Cipta Rasa.

Bentuknya memang tak seperti sumur, melainkan dua buah kolam yang masing-masing berbentuk bulat. Dulu, dua kolam ini merupakan tempat wudhu para Wali Songo termasuk Sunan Kalijaga dan Sunan Gunung Jati.

Air dari sumur ini konon sama murninya dengan air zam-zam dari Arab Saudi. Air dari sumur ini diyakini berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit, serta memelihara kesehatan. Tak heran sumur ini dikeramatkan oleh warga Cirebon, kedua sumur tersebut dikelilingi pagar pendek yang mengelilingi dua kolam tersebut.

Banyu Cis Sang Cipta Rasa pun ramai dikunjungi warga dan wisatawan terutama pada bulan suci Ramadan. Selain itu, air zam zam sumur juga dipercaya oleh masyarakat sebagai media keramat, seperti untuk menyuburkan tanah/sawah, pun teruji aman untuk diminum. Anda bisa mencobanya sendiri saat berkunjung ke masjid kebanggaan warga Cirebon ini.(dido)