Do’a Pengampunan Dosa Di Malam Lailatul Qadar

Oleh : Yahya Aziz.

Tidak terasa malam ini Kamis 6 mei 2021 adalah malam ke 25 pada bulan ramadhan 1442 H. Insha Allah puasa kita tinggal 5 hari lagi.

 

Mari kita selalu mohon ampunan Berdoa dan Berdzikir dengan memperbanyak ISTIGHFAR.
Setiap orang pasti berdo’a apapun agamanya.

Orang yang berdoa menandakan ia memiliki Tuhan. Macam macam doa yang dipanjatkan, minta keselematan, sembuh dari sakit, kelancaran rizki, kekayaan, minta jodoh, sukses ini dan itu macam macam.

Berdoa adalah salah satu bentuk ihtiar untuk meminta sesuatu pada Allah, juga sebagai bentuk kerendahan hati di hadapan sang Pencipta.

Sehingga orang yang tidak mau berdoa dianggap sombong dalam islam, karena merasa mampu melakukan dan meraih segalanya sendirian.
Nabi Muhammad bersabda : “Doa adalah senjata orang mukmin, pilar agama dan cahaya bagi langit dan bumi”.

Apakah setiap doa selalu dikabulkan ?, Nabi Muhammad bersabda : “Setiap hamba yang berdoa kepada Allah, pastilah doanya dikabulkan, ada yang diganti dengan dijauhkannya dari kejahatan, dari penyakit, disehatkan badannya, ada yang ditunda hingga hari kiamat.

Sebagai manusia sudah sewajarnya kita ingin agar doa kita senantiasa dikabulkan secepatnya oleh Allah swt. Doa yang cepat dikabulkan dinamakan doa yang mustajab atau doa yang segera / langsung dikabulkan Allah tanpa harus tertunda lagi.
Bagaimanakah doa agar menjadi mustajabah ?
Doa yang mustajabah adalah :
1. Doanya para nabi dan para rasul
2. Doanya para waliyullah
3. Doanya orang orang arif
4. Dan doanya orang orang beriman.

Sedangkan orang biasa yang doanya mustajabah dalam aktifitas keruhanian tertentu. Diantaranya adalah doanya orang yang sedang puasa. Orang yang puasa doanya cepat dikabulkan Allah swt.
Mengapa orang yang berpuasa doanya cepat dikabulkan Allah ?. Karena Allah dekat dengan hamba hamba Nya yang sedang berpuasa. Orang yang berpuasa hatinya bersih, ruhnya suci, Sebagaimana hadits nabi :
Ada 3 doa yang tidak tertolak :

Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terdlolimi. ( HR. Tirmidzi). Maka ketika Anda berpuasa hendaklah memperbanyak doa. Doa yang lekas dikabulkan Allah, berdoa dengan wasilah doa nabi Yunus as. Rasulullah bersabda yang artinya : Doa Dzun Nun (nabi Yunus) yang dibaca saat berada di perut ikan :
لااله إلا أنت سبحانك اني كنت من الظالمين
“Tiada Tuhan yang berhak diibadahi kecuali hanya Engkau, Maha suci Engkau sesungguhnya aku termasuk golongan orang orang dzolim (Alanbiya 87-88)
Agar doanya makbul sebelum berdoa hendaknya didahului dengan dzikir. Doa ahli dzikir tidak ditolak oleh Allah swt.

Selain itu hendaknya pergi haji dan umroh. Doanya orang yang berhaji dan umroh sangat makbul. Langsung dikabulkan Allah. Jika ingin doanya cepat dikabulkan Allah hendaklah pergi ke tanah suci
Itulah doa doa yang cepat dikabulkan Allah dan harus memperhatikan waktu. Diantaranya :
1. Sepertiga malam akhir
2. Antara waktu asar dan maghrib
3. Saat turunnya lailatul qodar
4. Berdoa di bulan rajab, sya’ban.
5. Dan berdoa di bulan suci Ramadan, terutama di malam malam10 terakhir.
MENGASAH BATIN MUSTAJABNYA DO’A
Maka janganlah menyia nyiakan waktu ini untuk selalu beribadah dan berdoa.
Mari kita memperbanyak ibadah, doa, dan dzikir taubat kepadaNya agar Allah SWT menjauhkan kita dari berbagai macam musibah, dan Allah melindungi negara kita dari sumber perpecahan antar anak bangsa….
Semoga….!
( Materi ceramah kultum taraweh Masjid Arif Nurul Huda, Mapolda Jatim 6/05/2021 )
#Pengasuh Majlis Ta’lim Jabal Nur Delta Sari Sidoarjo, Kolumnis Menara Madinah dan Buku Taubatnya Peselingkuh#