Pemkab Jember Jemput Migran Malaysia di Surabaya.

Jember ,1 Mei 2021 -Menaramadinah.com– Untuk ke sekian kalinya, setelah kemarin menjemput 16 Pekerja Migran Indonesia (PMI), kali ini juga Pemkab Jember menjemput 23 PMI ke Surabaya, Sabtu (1/5/2021). Titik penurunan PMI masih di tiga tempat, Kantor Kecamatan Tanggul, Rambipuji dan Kaliwates.

Di Posko Tanggul ada 12 PMI berasal dari Kecamatan Tanggul, Semboro dan Sumberbaru. Ketiga Camat atau yang mewakili menjemput warganya yang sudah bertahun-tahun bekerja di luar negeri (Malaysia).

Camat Semboro, Aryantoadi, S. Sos, menyampaikan kepada awak media, saat ini masih suasana pandemi dan di desa-desa sedang giat menjalankan PPKM Mikro. “Alhamdulillah sampai saat ini Semboro zona hijau dan kehadiran saudara kita ini akan diawasi dengan ketat,”katanya.

“Jenengan karantina (isolasi mandiri) di rumah, jangan kemana-mana dulu dan lima hari lagi ada petugas puskesmas mendatangi untuk diperiksa,”kata mantan Pj Kades Rejoagung itu kepada warganya.

Sesuai protokol kesehatan PMI wajib menjalani isolasi selama 14 hari ke depan. Khusus mereka pada hari kelima akan dites swab oleh petugas kesehatan. PMI yang turun di Posko Tanggul sesuai manifes dari dishub berjumlah 12 orang. Ada juga yang pulang membawa anak.

Senada dengan Aryantoadi, Camat Tanggul (Sukardi) yang diwakili Sekcam Murdihartono memberikan arahan kepada warganya. “Sampean pulang diantar. Sampai di rumah langsung mandi jangan berpelukan. Soalnya kita gak tahu kondisinya Sampean,”kata Murdiono kepada salah satu warga Tanggul.

Sementara Plt Kadiskominfo Jember, Habib Salim, saat dikonfirmasi membenarkan adanya penjemputan PMI asal Jember yang bekerja di Malaysia.

“Kita berkoordinasi dengan Pemprov Jatim sehingga para migran asal Jember bisa pulang dengan selamat.
Sementara itu di kecamatan Kaliwates menurut Camat Kaliwates Bambang Saputro SE.PMI yang dipulangkan pada hari ini melalui Posko Covid 19 Kec Kaliwates sebanyak 6 orang, dengan rincian sebagai berikut yaitu Saiful Rizal, alamat Jl Dr. Subandi Kel Patrang Kec Patrang Sugiyani, alamat Ds Andongsari Kec Ambulu
Sri Rejeki, Ds Sumberlesung Kec Ledok Ombo Sutriyah, alamat Ds Andongsari Kec Ambulu
Sugiono, alamat Kec Arjasa
Bahrul Rosi, alamat Kec Arjasa

Dikatakan Para PMI tersebut telah dijemput oleh Satgas Covid 19 Kecamatan masing-masing, kecuali PMI yaitu Sri Rejeki dijemput oleh pihak keluarga dari Ledok Ombo.
Sta.