Bandeng Jelak Kota Pasuruan Rasanya Lebih Enak Dibanding Bandeng Daerah lainnya

Pasuruan – menaramadinah.com: Dinas Perikanan Kota Pasuruan bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Pertanian NU Kota Pasuruan melakukan pelatihan kepada petani tambak se Kota Pasuruan di Kantor Dinas Perikanan Jl Ir Juanda Kota Pasuruan dan penebaran benih bandeng di tambak demplot dusun Jelak, Desa Blandongan Kota Pasuruan Kamis (29/4/2021).

Menurut Kepala Dinas Perikanan Imam Subakti dua kegiatan ini dimaksudkan untuk mengedukasi kepada petani tambak tentang cara untuk budidaya ikan bandeng.

“Karena bandeng Jelak itu sudah banyak dikenal sehingga akan terus dikembangkan. Makanya kita mengajak masyarakat agar melakukan budidaya bandeng dengan intensifikasi,” katanya.

Ditambahkan oleh Imam, budidaya intensifikasi dilahan demplot Dinas Perikanan, supaya petani bisa melihat keberhasilan intensifikasi budidaya bandeng.

“Kalau masih melakukan budidaya dengan tradisional. Hasilnya tidak bisa optimal. Makanya nanti kami ajari langsung petani dilahan demplot Dinas. Bagaimana cara merawatnya, cara memberi pakan,” jelas Imam lagi.

 

Masih kata Imam, sistem intensifikasi ini dimulai dari sebelum tebar bibit sudah dilakukan perawatan. Kebutuhan pakan dipenuhi. Tidak hanya mengandalkan makan alami, tetapi diberi pakan pabrik sehari dua kali.

“Kalau diberi tambahan pakan pabrik sehari dua kali hasil pasti menghasilkan keuntungan yang besar. Karena bandeng Jelak ini sudah dikenal enak dan nilai ekonomis tinggi,” pungkasnya. (aza)