PEMKAB. BANYUWANGI PROMOSIKAN SMP 2 GENTENG UNTUK MAJU SEBAGAI SEKOLAH ADIWIYATA NASIONAL

Banyuwangi, menara madinah. Com.
Rencana serius Pemkab. Banyuwangi untuk berusaha menjadikan kota yang viral dengan festival ini benar-benar mampu mengukir prestasi yang kali kesekian dalam mempromosikan sekolah adiwiyata di tingkat nasional.

Beberapa tahun yang lalu Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah menunjukkan prestasi yang luar biasa dalam pengelolaan lingkungan hidup sehingga mendapatkan anugerah tertinggi nasional sebagai Kota Adipura.

Selama pemerintahan Abdullah Azwar Anas, M.Si. Prestasinya sangat banyak baik level nasional maupun internasional di bidang pemerintahan, budaya seni dan pengelolaan lingkungan.

Prestasi gemilang yang telah diraih oleh Bupati dari partai PDIP itu. Tentu menjadi prestise masyarakat Banyuwangi, karena semuanya adalah berkat kerja keras sinergitas semua pihak.

Oleh karena itu pemerintah Kabupaten Banyuwangi di bawah kepemimpinan Bupati Ipuk diharapkan terus bersemangat mempertahankan dan meneruskan meningkatkan prestasi terdahulu sehingga pembangunan dan layanan masyarakat di Banyuwangi terus meningkat sesuai dengan visinya.

Di dalam bidang prestasi lingkungan hidup, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sudah memiliki pengalaman. Pengalaman terbaik atau best practice yang bisa dijadikankan referensi atau acuhan untuk meraih prestasi terbaik di masa mendatang.

Pada tahun ini ini sesuai dengan yang diagendakan oleh dinas lingkungan hidup Kabupaten Banyuwangi yang yang dipimpin oleh Ibu Khusnul sudah merancang beberapa sekolah khususnya SMP dan SMA yang akan dijadikan kandidat sebagai sekolah berwawasan lingkungan satu di antaranya adalah SMP Negeri 2 genteng.

Menentukan pilihan yang tepat menunjuk SMP 2 genteng satu di antara SMP yang lain bukan tanpa alasan . Menurut pantauan awak media, SMP Negeri 2 Genteng memang memiliki potensi yang sangat istimewa.

Keistimewaan itu satu di antaranya adalah sekolah tersebut memiliki ragam banyak tanaman baik tanaman hias tanaman, tanaman perdu da tanaman keras lain, yang variannya lumayan banyak bahkan mungkin yang paling beda di antara sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Banyuwangi bahkan di Jawa Timur.

Terlait itu, dituturkan oleh Kepala SMP 2 Genteng, ibu Bu Hj. Wahyu Handayani, M.S.i. bahwa niat untuk menyiapkan sekolah yang dipimpinnya mengikuti kontes tentang lingkungan hidup dalam Kancah nasional sudah dipersiapkan sejak dini.

Sejak awal, kepala sekolah ahli matematika ini ditugaskan di SMP 2 Genteng, sudah memiliki angan-angan atau visi untuk meweujudkan sekolah berwawasan lingkungan dan misi yang satu di antaranya diarahkan untuk terwujudnya sekolah berwawasan lingkungan.

Dukungan para pihak khususnya pengurus komite sekolah ini, Kasek Bunda Wahyu, menggagas sekolah wisata. Mewujudkan sekolah wisata yang benar-benar memiliki makna edukasi rekreasi untuk mendukung proses pembelajaran yang ramah dan menyenangkan kan selain pengelolaan lingkungan juga disesuaikan dengan kebutuhan akan fasilitas yang lain sebagai pendukungnya menciptakan budaya sekolah yang kondusif, dinamis, kreatif, menyenangkan dan menantang.

Langkah-langkah yang telah diambil oleh pemerintah daerah selain bersifat administratif juga adakan sebuah pelatihan-pelatihan dan workshop yang melibatkan stakeholder menuju terciptanya sekolah yang memiliki kualifikasi yang disyaratkan oleh Tim Adiwiyata Nasional.
Optimis, Kasek enerjik inovatif ini, mampu mengkondisikan manajemen sekolah menunju ke sekolah adiwiyata nasional.
Husnu Mufid, Jurnalis Media Online Menaramadinah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *