Jalur Ganda Kereta Api Bogor – Sukabumi Dikerjakan

Bogor-menaramadinah.com-Pembangunan jalur ganda kereta api Bogor-Sukabumi tengah dikebut. Tanah warga yang terpakai sudah diganti untung, dan alat berat terus bekerja meratakan tanah.

Presiden silih berganti, hanya baru di era sekarang pembangunan dikebut dengan penuh semangat, kalau tak ada pandemi ritmenya pasti lebih cepat lagi.

Potensi hasil bumi dan wisata alam Sukabumi dan daerah penyangga sekitarnya sangat luar biasa besar. Produk ikan air tawar melimpah, batu hias, kerajinan tangan, makanan khas dan kawasan wisata Selabintana menghadap gunung Gede Pangrango, lengkap dengan hamparan kebun teh nan elok, menawarkan pemandangan dan udara sejuk yang menenteramkan hati. Banyak pilihan hotel di kawasan ini.
Sukabumi luar biasa!

Namun, sepengalaman saya – dahulu- agak malas kalau ke Sukabumi, apalagi kalau akhir pekan!
Jalur hanya satu, melalui perempatan Ciawi yang padat dan macet, juga sepanjang jalan super merayap karena banyaknya pabrik di sepanjang kawasan ini.
Kalau pagi jam masuk kerja atau sore tepat karyawan pulang jangan ditanya kemacetannya, dan tiap akhir pekan harus ekstra sabar karena padat luar biasa!

Sekarang sudah ada tol Bogor-Cianjur-Sukabumi (Bocimi), yang selama puluhan tahun hanya wacana dan wacana, baru bisa dieksekusi di era Bapak ini. Belum selesai semua sih, tapi lumayan sudah membagi beban jalan.

Semoga rel ganda Bogor-Sukabumi segera selesai. Kereta tak perlu gantian pakai rel, hingga waktu tempuh jadi lebih cepat.
Dan semoga KAI juga menambah jadwal kereta sehingga warga punya banyak pilihan.

Kalau lancar, warga Jakarta punya pilihan baru kalau mau piknik di akhir pekan. Mereka tinggal naik kereta KRL sampai ke Bogor, lalu disambung kereta ke Sukabumi. Atau kelak ada jadwal kereta langsung Jakarta-Sukabumi.

Sekarang memang sudah tersedia kereta Bogor-Sukabumi, tapi baru 3 jadwal setiap hari, kelak semoga bisa ditambah dengan adanya rel ganda. Waktu tempuh sekarang, yang 2,5 jam, juga bisa dipangkas.

Jalan tol dan rel ganda ini bisa terwujud karena ada pempimpin yang memiliki visi ke depan dan peka melihat potensi warganya. Tak hanya visi saja, dia juga mau mengeksekusi!

Dua-tiga tahun lagi wajah pariwisata Sukabumi pasti lebih sumringah! Gunawan Wibisono