Pendapat Ki Kebo Landung Spiritualis Asal Madura Soal Gugatan Hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi

 

Gugatan hasil Pilpres 2019 yang kini berlangsung di Mahkamah Konstitusi mendapat tanggapan dari Ki Kebo Landung Spiritualis asal Pamekasan Madura. Seperti apakah pendapatnya. Berikut ini:

1. Kondisi dan situasi sidang gugatan Pilpres di MK saat ini mulai makin memanas. Ini terlihat dari kuasa hukum dari kedua kubu saling melempar argumentasi dan bukti-bukti kecurangan untuk materi sidang MK yang akan menentukan hasil putusan MK mendatang. Bukan hanya kubu 01 satu saja bahkan KPU yang dalam hal ini menjadi pihak tergugat juga sudah menyatakan menyiapkan bukti-bukti valid berkenaan materi gugatan dari kubu 02. Tidak hanya dari tim kuasa hukum saja para pendukung dan simpatisan dari kedua kubu pun juga ikut ramai melakukan demo dan aksi untuk mendukung serta mengawal jalannya sidang MK sampai diputuskannya perkara gugatan Pilpres secara final.
2. Tentunya keputusan yang akan diambil oleh MK merupakan keputusan yang terbaik bagi kedua kubu dan rakyat Indonesia secara keseluruhan. Setelah melalui proses persidangan yang transparan dengan mengevaluasi, menverifikasi serta menguji materi dan bukti-bukti kecurangan yang sudah diserahkan kepada MK, maka saya yakin para hakim MK akan memutuskan perkara ini dengan seadil-adilnya. Meski pun secara keadilan komfrehensif masih bersifat relatif karena pastinya akan ada kekecawaan dari pihak yang kalah dalam sidang gugatan Pilpres ini dan itu hal yang wajar dalam suatu demokrasi.
3. Lalu siapakah yang diuntungkan dalam perkara gugatan Pilpres ini, tentunya yang akan diuntungkan adalah seluruh rakyat Indonesia baik di dalam maupun diluar negeri. Kedua kubu yang bersengketa dan KPU hanya bagian dari instrumen demokrasi saja. Dengan adanya gugatan Pilpres ini menjadi bukti bahwa sistem demokrasi di Indonesia berjalan dengan baik, dinamis serta kompetitif. Dan hasil dari demokrasi dan Pemilu yang sudah dilaksanakan akan menjadi penentu masa depan Indonesia ke depan.
4. Pemenang dari perkara gugatan Pilpres ini sepenuhnya ada di tangan MK. Tentunya yang menjadi pemenang dalam perkara sidang gugatan Pilpres ini adalah yang paling jujur, mempunyai bukti yang valid, menjunjung tinggi peraturan perundangan dan demokrasi. Siapa pun pemenang dari perkara gugatan Pilpres ini haruslah kita apresiasi sebagai bentuk penegakan demokrasi. Maka dari itu pemenang sebenarnya dari perkara gugatan Pilpres ini tidak lain adalah RAKYAT Indonesia sendiri.
5. Keputusan final hasil sidang gugatan Pilpres oleh MK mendatang menurut prediksi saya akan melahirkan kekecewaan yang menjurus kekisruhan. Sedikit flashback ke belakang dapat kita lihat saat terjadinya kerusuhan 22 Mei kemarin. Hal ini menjadi bukti kuat indikasi adanya kerusuhan pada saat pengumuman putusan perkara gugatan Pilpres oleh MK mendatang. Namun tentunya sebagai warga negara yang baik dan patuh terhadap hukum, kita tidak terprovokasi untuk berbuat yang mengganggu keamanan dan kenyamanan hidup masyarakat umum.

Husnu Mufid

Koresponden MM.com