Kunker Panja Ekonomi Kreatif DPR RI di Pekalongan, Bang Pur: Meniscayakan Kolaborasi dan Sinergi Lintas Sektoral dalam memenangkan Kompetisi

Pekalongan, 20 November 2020 Panja Ekonomi Kreatif Komisi X DPR RI melakukan Kunjungan Kerja ke Kota Pekalongan, Jawa Tengah, tanggal 20 sampai dengan 22 November 2020. Kegiatan Panitia Kerja (Panja) yang dipimpin Dr. H. Abdul Fikri Faqih,MM dari Fraksi PKS., dimulai dengan turun langsung ke lapangan tempat sentra industri ekonomi kreatif di kota yang terkenal dengan hasil kerajinan tradisional batik.
Ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak oleh pandemic covid 19.

Karena itu kita ingin secara langsung melihat kondisi, menyisir tantangan/hambatan, peluang serta membuat proyeksi pasca pandemi. Dengan demikian, kita memiliki data yang akurat, mengetahui kondisi nyata berbagai permasalahan serta hambatan yang terjadi. Sehingga dalam membuat kebijakan dan penanganan jalan keluarnya bisa lebih terukur dan tepat sasaran. Ungkap H. Muhamad Nur Purnamasidi Anggota Panja dari fraksi Partai Golkar.


Lebih lanjut, Pria yang akrab di sapa Bang Pur dari Dapil IV Jatim Jember Lumajang ini menuturkan selama ini para pelaku usaha ekonomi kreatif lebih banyak bergerak sendiri sendiri. Masih sedikit yang memiliki asosiasi sebagai wadah berhimpun, berbagi informasi, bertukar ide ide segar terkait perkembangan yang sedang dan akan menjadi trend pasar, serta hal hal lain kemungkinan pengembanganya. Ke Depannya, kolaborasi dan sinergi menjadi kata kunci dalam memenangkan kompetisi. Usaha ekonomi kreatif diharapkan bisa kembali bangkit, dan menjadi stimulan, berkontribusi secara signifkan sebagai pengungkit perekonomian nasional. Utamanya dalam mendukung, menguatkan, serta memberikan efek domino khususnya terhadap kemajuan sektor Pariwisata.


Sementara itu, pelantun tenda biru Desy Ratnasari dari Fraksi PAN menekankan pentingnya kualitas SDM dalam penguatan ekonomi kreatif. Diperlukan transfer Knowledge, profesionalisme, kompetensi serta daya saing SDM ekonomi kreatif perlu di dongkrak. Seperti diungkap Bang Pur tadi, Kolaborasi lintas sektor niscaya dilakukan, termasuk membuat payung hukum agar ada jaminan kepastian. Ungkapnya dengan senyum manis.
Giat panja Ekonomi Kreatif DPR RI dilanjutkan pertemuan dengan Walikota Pekalongan, Kadis Parekraf, Pengurus Kadin Bidang ekonomi kreatif, Pengurus HIPMI, Pelaku dan Perwakilan Komunitas/pegiat ekonomi kreatif. Rombongan Panja Ekonomi kreatif lainya yang turut hadir diantaranya Drs. H. Bisri Romly,MM, (F-PKB), Hj. Ledia Hanifa (F-PKS), A.S. Sukawijaya (F-PD), Rian Firmansyah (F- Nasdem) dan Adrian Jopie Paruntu (F-Golkar). (om iyan)