Bertemu Kiai Asad Ali

Oleh : Faisol.

Berkesempatan menjumpai bahkan ngopi bareng dengan K.H As’ad Said Ali menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri. Bagaimanna tidak? Sebab ia memliki kemampuan dan pengalaman yang amat jarang dimiliki oleh warga NU.

Meski bukan berasal dari Militer namun Ia aktif di dunia Intelejen.Sejak 2001, ia menjabat sebagai Wakil Kepala BIN selama 9 tahun era Presiden Abdurahman Wahid, Presiden Megawati, dan Presiden SBY. Beliau sempat bertugas lama di Timur Tengah seperti Arab Saudi, Yordan, Syuriah, Lebanon, Eropa dan Amerika serikat.

Berbekal pengalaman itulah, saat menjadi Wakil Ketua Umum PBNU tahun 2010-2015,beliau mampu mendorong pendirian NU di Afghanistan. Kita tahu, Afghanistan saat itu masih terjadi perang saudara. Pendirian NU di sana ternyata bisa menjadi lokomotif perdamaian.

Tidak hanya itu, saat menjadi Waketum PBNU itu beliau juga sudah membaca bahwa ke depan NU akan menghadapi gempuran Idiologis ektrim kanan dan ekstrim kiri.

Untuk itu, beliau bersama tim termasuk didalamnya Lakpesdam PBNU saat itu menggagas Pelatihan Kader Penggerak NU (PKPNU). Sebagai instrumen untuk mencetak kader-kader khusus NU yang idiologis. Kader “Missionaris ” yang berfungsi menggerakkan jam’iyah dan jamaah NU dibawah.Kader “Missionaris” yang mengemban tugas menguatkan NU baik secara Idiologi maupun organisasi

Hasilnya bisa dilihat sekarang, banyak cerita di daerah daerah termasuk di Sampang. Alumni Alumni PKPNU memang terbukti membangkitkan kembali daya juang NU di tingkat bawah.

Eitt! Entahlah, saat menulis status ini kok tiba tiba terbayang wajah K.H Subhan ZE. Ketua IV PBNU di tahun 60 an. Sama dengan K.H Asad Ali, K.H Subhan ZE dikenal sebagai seorang Kyai Muda NU yang berkemampuan “Unik” yang jarang dimiliki oleh yang lain. K.H Subhan ZE uga dekat dengan dunia intelejen, dunia militer dan menjadi inisiator dunia pergerakan. Apakah ini yang dinamakan dengan ” Siklus Kader NU ? “