Doa’ Yasin Tahlil Untuk Guruku ( KH. Abdullah Syukri Zarkasyi : Sang Kyai Motivator & Meneger Handal )

Oleh : Yahya Aziz


Sampai sekarang saya merasakan sedih, dada sesak atas wafatnya Ayahanda KH. Abdullah Syukri Zarkasyi pimpinan PMDG Ponorogo. Sedih seakan-akan baru kemarin beliau memotivasi kami pada acara KHUTBATUL ARSY pekan perkenalan bulan sawwal era 1991-1992 di aula BPPM. Yang bisa kami berikan untuk beliau tetesan air mata dan doa’ Yasin tahlil untuk beliau Allah Yarhamhu.
Kami 5 sekeluarga, anak dan putra putri paman kami ( saya country 1992 PMDG 1, Moh. Azmi Mazeiro Razienera 2007 PMDG 3, Devi Nur Fuadah Smart Generation 2014 Gontor Putri 1 Mantingan, Moh. Hafidz 2018 PMDG 4 Banyuwangi, dan M. Nur Adzkiyaaul Fuadi Prominent Generation 2020 PMDG 1 ), merasakan betul sentuhan pendidikan baik rohani maupun jasmani dari beliau langsung.
Dari beliaulah kami sekeluarga selalu mendapatkan setruman hati ; ruh perjuangan, keihklasan, kesabaran dan keteladanan dalam dunia pendidikan.
28 tahun yang lalu sejak kami jadi alumni (1992), ada motivasi beliau di buku agenda kami : “I’MALUU FAUQO MA AMILU”
Tunjukkan prestasi mu : Ilmu, Amal dan Akhlaq, Semoga Allah bersamamu.
Tadi malam kamis malam Jumat 22/10/2020 pukul 18.30 – 21.00 diadakan doa’ bersama membaca surat yasin dan tahlil secara virtual. Acara ini diprakarsai oleh KH. Yunus Abu Bakar 1985, Moderator Ustadz M. Arifin 1988, Pembacaan surat yasin oleh Ustadz Mukhlis Hanafi 1989 dan tahlil dipiimpin oleh KH Agus Ghofur Rokhim 1987.
Sambutan oleh KH. Habib Chirzin, Ustadz Luqman Hakim mantan menteri agama dan sambutan dari keluarga Gus Reza Zarkasyi putra almarhum.
Sambutan dari KH. Habib Chirzin : Pak Syukri Zarkasyi ini generasi kedua trimurti, beliau putra pertama almarhum KH Imam Zarkasyi. Beliau pendidik sejati dalam menjalankan amanah untuk kemajuan pondok pesantren Gontor. Dengan konsep doa yang kita baca sehari-hari : INNA SOLATII WANUSUKII WAMAHYAAYA WAMAMAATII LILLAHI ROBBIL ALAMIN. Semangat memperjuangkan Islam lewat dunia pesantren.
Adapun ustadz Luqman hakim alumni 1983 mantan menteri agama memberi kesan bahwa almarhum Kyai Abdullah Syukri Zarkasyi adalah pengasuh dan pemimpin pondok dan sosok pribadi yang mempunyai 5 tipe :
1. Motivator : beliau selalu memberi motivasi kepada suluruh guru guru dan santrinya untuk menjadi pribadi yang terbaik, menunjukkan prestasi ilmu, amal dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari.
2. Meneger Handal : Dari tangan beliaulah dibantu oleh KH Hasan Abdullah Sahal, almarhum KH Shoiman Luqman Hakim, almarhum KH Imam Badri, almarhum KH.Syamsul Hadi Abdan mulai tahun 1985-2020 ( 35 tahun ) PMDG berkembang berbagai cabang dengan jumlah santri 33.323 lebih.
3. Murobbi : Pendidik sejati, selalu memikirkan, mengawasi kegiatan santri 24 jam gontor pusat sampai cabang cabang nya. Bahkan menurut kami almarhum sampai hafal jumlah kamar tidur, kamar mandi dan kran air wudlu di asrama. Jumlah papan tulis, bangku belajar kelas sekolah. Benar benar pendidik dan meneger handal.
4. Diplomat Ulung : Almarhum termasuk pelobi handal baik urusan dalam dan luar negeri. 7 presiden Indonesia mulai Presiden Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Gus Dur, Megawati, Susilo Bambang Yudoyono dan Joko Widodo pernah mengunjungi bumi PMDG. Termasuk tamu tamu luar negeri diantaranya grand Syekh Al-Azhar Mesir, yang terakhir baru baru ini imam Al-akbar grand Syekh prof. Ahmad Thoyib Muhammad Thoyib memberi 80 bea santri santriiwati untuk meneruskan studi di Mesir.
5. Menangani segala permasalahan dengan cinta. Artinya dalam mendidik santri dan kunjungan di berbagai kota dari Sabang merauke dan luar negeri, memikirkan santri, guru guru, jaringan alumni untuk memajukan pondok.
Ayahanda KH. Abdullah Syukri Zarkasyi bukan hanya milik keluarga kami, tapi juga milik guru guru, milik 33.323 santri santriiwati juga milik ummat Islam dan milik bangsa, begitu kata Gus Reza Zarkasyi putra almarhum.
8 tahun almarhum menderita sakit (2012-2020) tapi ada keteladanan beliau selalu ikut hadir mendampingi KH. Hasan Abdullah Sahal dan Almarhum KH Syamsul Hadi Abdan dalam acara acara penting santri dan guru guru PMDG. Fisiknya sakit, tapi hatinya selalu mendoakan kemajuan pondok.
Rabu sore 21/10/2020 beliau menghembuskan nafas terakhir ketika hari pertama para santri melaksanakan ujian tulis semester pertama. Beliau meninggal di tengah tengah mendidik santri.
Gontor berduka, ummat Islam berduka,… Indonesia berduka. Menarik sekali ungkapan duka cita dari KH. Musthofa Bisri ( Gus Mus ) Rembang kawan almarhum di Mesir bersama Gus Dur.
Innalilahi Wa Inna Ilaihi Raji’un
Belum lama kita ditinggalkan oleh beberapa Kyai Pesantren, antara lain almaghfurlah KH. Fuad Mun’im Djazuli dari pesantren Al-falah Ploso Kediri, hari ini menyusul sahabatku KH Abdullah Syukri Zarkasyi, Mudir Akbar Pesantren Modern Darussalam Gontor, dipanggil ilahi Robbi. Allahummaghfirlahu warhamhu wa afihi wa’fu anhu wawassi’ madkholahu wa akrim nuzulahu wajaliljannata ma’wahu. Alfaatihah
Kepada nyai Syukri dan keluarga khususnya serta keluarga besar Pesantren Modern Gontor pada umumnya, kami sampaikan bela sungkawa yang dalam. Azhzhamal lahu ajrokum wa ahsana azaakum.
Selamat jalan ayahanda tercinta almarhum KH Abdullah Syukri Zarkasyi, kami sekeluarga menjadi saksi kau pendidik & pejuang sejati dalam dunia pendidikan pesantren.. Ribuan santri, wali santri, alumni dan seluruh umat muslim ikut mendoakan mu…. HUSNUL KHATIMAH…. alfaatihah…
Dalam penelitian kami bersama Gus Husnu Mufid pakar sejarah lulusan universitas Jember, pemimpin redaksi menara Madinah com ada 19 Kyai dalam buku Para Kyai Pejuang Kemerdekaan (2019), bila ada penelitian lanjutan bisa jadi yang ke 20 adalah almarhum KH Abdullah Syukri Zarkasyi kategori Kyai pendidik sejati dan Kyai Motivator & Meneger handal Pejuang pengisi Kemerdekaan Indonesia….
Wallahu A’lam Bissowab… Barakallah
” Penulis Menara Madina alumni 1992 & Wali santri Gontor Ponorogo dan Lirboyo Kediri.”