Ijazah Do’a Bahasa Jawa Dari Mbah Dalhar Watucongol

MENARA MADINAH.COM,Syair do’a Bahasa Jawa ini sering dimunajatkan oleh oleh KH.A.Mahin Thoha ,Lirboyo yang diterima dari Mbah Yai Dalhar bin Abdurrahman ,Watucongol,Magelang,Jawa Tengah.
Tentang do’a-do’a berbahasa Jawa al-maghfurlah Romo KH.Idris Marzuki ,Lirboyo,Kediri pernah dawuh :
“Kowe ki nek nompo dungo-dungo Jowo seko kiai sing mantep.Kae kiai-kiai ora ngarang dhewe.Kiai-kiai kae nompo dungo-dungo Jowo seko wali-wali jaman mbiyen.Wali ora ngarang dhewe kok.Wali nompo ijazah dungo seko Nabi Khidir .Nabi Khidir yen ketemu Wali Jowo ngijazahi dungo nganggo Bahasa Jawa,ketemu Wali Meduro nganggo Boso Meduro.
Sebelum membaca do’a Jawa dibawah ini hendaknya membaca basmallah,asma’ul husna dan sholawat kepada Rasulullah SAW.
KH.Dalhar Watucongol mempunyai do’a agar tekun bekerja dan diberi kelapangan rizki.
” Allahumma ubat-ubet ,bisi nyandang biso ngliwet.Allahumma ubat-ubet ,mugo-mugo pinaringan slamet.Allahumma kitra-kitri ,sugih bebek ,sugih meri.Allahumma kitra-kitri ,sugih sapi ,sugih pari.
Redaksi do’a ini memberikan maksud bahwa kita meminta kepada Allah SWT agar diberikan kemampuan dan sugih(kaya) harta sehingga bisa membeli pakaian dan memasak makanan,sekaligus kita dijadikan orang yang mempunyai ternak bebek ,sapi dan kaya hasil sawah ladang.
Kekayaan zaman dahulu diukur dari banyaknya simpanan ternak dan padi.Sang kiai memotivasi para santri untuk menjadi orang kaya sehingga ibadah dan dakwah bisa berjalan seimbang.
Wallahua’lam.
Al-Fatihah.
Source: Grup FB Islam & Kejawen
Reshared by Bro-J.