Wayang Kayu Kekhasan Nyadran Di Sanggrahan Begadung Nganjuk

Nganjuk.menaramadinah.com,Bersih desa atau nyadran adalah suatu tradisi yang telah turun temurun dari nenek moyang ,dimaksudkan untuk mengenang dan menghormati perintis atau leluhur desa,manifestasi kesyukuran hidup di kampung yang aman dan damai,sinergi dan harmoni antara manusia dan alam serta salah satu bentuk permohonan pada Tuhan Yang Maha Esa agar seluruh warga desa setempat diberikan kesejahteraan,keselamatan,ketentraman dan kebahagiaan.
Jum’at Pahing 14 Agustus 2020 ,masyarakat Sanggrahan,Begadung,Nganjuk mengadakan acara nyadran berupa slametan yang dilakukan di empat titik lokasi yang berbeda yaitu di punden Sanggrahan,rumah Pak RT.01,RT.02 dan RT.03.” Slametan dalam rangka bersih desa di Sanggrahan Begadung tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena adanya Pandemi Covid-19 ,maka pelaksanaannya dibagi dibeberapa tempat agar tidak terjadi kerumunan massa yang terlalu banyak .Namun hal tersebut tidak mengurangi essensi dari nyadran yang terus dilestarikan,”ujar Setyo Wicaksono,S.STP selaku Lurah Begadung pada reporter media online ini.


Lebih lanjut Lurah Begadung yang tinggal di Tanjungrejo itu menjelaskan bahwa pertunjukkan wayang kayu yang digelar usai slametan di halaman rumah Pak RT.02 Jarmaji bukanlah hiburan semata,melainkan sebuah tradisi yang melekat kuat dan menjadi kearifan lokal (local wisdom) yang tidak dapat tergantikan dengan kesenian lain,misalnya jaranan atau ketoprak.
Pertunjukkan wayang kayu dalam nyadranan di Sanggrahan menampilkan dalang Ki Sumaji yang tinggal di Begadung,seorang pensiunan PLKB Kabupaten Nganjuk. Wayang kayu merupakan salah satu budaya asli dari Nganjuk yang telah ada sejak sekitar tahun 1910.
Ceritanya mengenai kisah-kisah lokal dan sejarah di Pulau Jawa.ada
Di akhir pertunjukkannya,Ki Sumaji dalang humoris dan ramah mendo’akan agar seluruh warga masyarakat
khususnya Sanggrahan dan umumnya Begadung agar kalis ing rubedha, nir ing sambikala yang bermakna selamat terhindar dari masalah,dijauhkan dari kesulitan ,dijauhkan dari musibah dan marabahaya.
@Bro J15082020
**NganjukNyawiji**j