Banjir Bandang Luwu Utara, KOTA MASAMBA TERKEPUNG LUMPUR

Masamba,MenaraMadinah.Com-Banjir Bandang melanda Kota Masamba, Luwu Utara Sulawesi Selatan. Banyak rumah hanyut, ternak bahkan puluhan manusia yang terseret helombamg air banjir bandang. Korban berjatuhan belum semuanya dapat dievakuasi akibat tertimbun lumpur dan aneka material lainnya.

Relawan, dr Hisbulloh Amin menuturkan langsung dari lokasi bencana di Masamba.

Musibah ini terjadi akibat hujan deras dan longsoran air bercampur material lumpur, pepohonan dan batuan dari lereng bukit hutan yang gundul akibat perambahan hutan berskala besar.

Kota Masamba kini terkepung lumpur campur berbagai material seperti pohon, bebatuan dll.

Lumpur menutup daratan mulai batas kota menuju kota dari arah Palopa – Sabbang dan keluar kota menuju Sukamaju. Sebagian kota juga terendam air bercampur lumpur.
Satu2nya akses menuju atau meninggalkan kota adalah lewat Baebunta.

Masalahnya adalah jalannya sempit, segian berlubang dan berlumpur. Jika mobil berpapasan maka salah satunya harus mengalah menepi. Kendaraan besar seperti bus atau truk praktis tdk bisa lewat.
Nah jalur sempit dan berliku inilah satu2nya akses yg dipakai bersama warga setempat, kendaraan yg melintas dari arah Kabupaten Luwu Timur, Sukamaju, Bone2, Mangkutana.

Lalulalang kendaraan inilah yg menghambat semua pergerakan termasuk mobilisasi bantuan logistik, alkes dan obat2an. Macet di mana2, semuanya serba memutar melingkar, sehingga waktu tempuh setiap tujuan dari dan kearah kota bisa berjam2. Antrian kendaraan bisa sampai 3-4 jam.

Jalan poros trans Sulawesi bagaimana ?, kelihatannya beberapa hari baru bisa tembus. Lumpur yg menutupi jalan sebelum masuk kota di daerah Meli diperkirakan 3 kilo meter. Tinggi lumpur bervariasi dari setinggi mata kaki sampai lebih semeter.

Dibutuhkan kesabaran dan kekuatan bagi relawan utk bergerak, berkoordinasi dan mendistribusikan bantuan berupa makanan siap saji, sembako, pakaian, selimut dan obat2an.

Kegiatan kami kemarin fokus assesment dan koordinasi dgn kepala dinas kesehatan serta instansi lainnya dan sebagian tim langsung mendistribusikan bantuan yg dibawa dari Makassar. Semuanya Alhamdulillah sdh selesai, hari ini Insya Allah relawan akan belanja kebutuhan utk dapur umum dll.
Mohon doanya semoga kami dilindungi dan dikuatkan.

Laporan : dr. Hisbullah
Relawan Indonesia
Editor : SamsulHadi/MenaraMadinah.Com