Ampuh Harap Penegak Hukum Selidiki Penggunaan Anggaran Penanggulangan Covid-19 Sultra

Kendari, Menarahmadinah.com – Diduga salah gunakan anggaran penanggulangan Covid 19, Aliansi Masyarakat Peduli Hukum (Ampuh) Sulawesi Tenggara (Sultra) Minta Penegak Hukum lakukan Penyelidikan di Pemprov Sultra, (18/6).

Beberapa pekan lalu beredar kabar terkait dugaan penyalah gunaan anggaran oleh pemerintah Provinsi (pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dimana anggaran penanganan Covid 19 di pakai untuk keperluan pengerjaan Pagar dan Guest House salah satu instansi di sultra.

Menanggapi hal tersebut Presidium Ampuh Sultra Hendro Nilopo, SH menyampaikan bahwa sangat tidak dibenarkan jika anggaran yang di peruntukkan untuk penanganan Covid 19 kemudian digunakan untuk pengerjaan bangunan apa lagi itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan penanganan Covid 19.

“Sudah tidak benar itu, kalau anggaran Covid 19 kemudian di gunakan untuk pengerjaan bangunan apalagi yang tidak ada hubungannya dengan penanganan Covid 19 itu sendiri” jelasnya.

Ia menambahkan apa yang di lakukan oleh pemerintah provinsi (pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan memakai anggaran penanganan Covid 19 untuk pengerjaan Pagar dan Guest House salah satu instansi di Sultra itu bisa diduga sebagai penyalah gunaan anggaran, Sebab tidak sesuai dengan peruntukannya.

“Apa yang di lakukan pemprov ini, wajib diduga sebagai penyalah gunaan anggaran sebab memang tidak sesuai dengan peruntukannya. Masa iya anggaran penanganan Covid 19 dipakai untuk kerja pagar dan guest house, jelas tidak benar lah” ungkapnya.

Pihaknya juga mengingatkan tentang pesan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) agar hati-hati dalam mengelola anggaran penanganan Covid-19. Penggunaan uang harus tepat dan akuntabel.

Maka seharusnya penggunaan anggaran penanganan Covid 19 tersebut harus dikelola dengan baik dan tepat sasaran serta output dan outcomenya harus maksimal bagi kehidupan seluruh masyarakat sultra khususnya.

“Pak Jokowi sudah ingatkan bahwa hati-hati mengelola anggaran penanganan Covid-19, penggunaannya harus tepat dan akuntabel. Maka mestinya anggaran itu dikelola dengan baik dan tepat sasaran sehingga berguna bagi masyarakat Sultra khususnya” ujarnya.

Untuk itu berdasarkan penjelasan yang sudah dikemukakan, pihaknya meminta kepada seluruh penegak hukum untuk melakukan penyelidikan terkait dugaan penyalah gunaan anggaran Covid 19 yang dilakukan oleh Pemprov Sultra.

Fan Jurnalis Citizen