DPMD Situbondo monitoring penyaluran BLT DD

SITUBONDO.-menaramadinah.com-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo bersama Tenaga Ahli P3MD secara simultan melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau (BLT DD) dampak Covid19.

Kegiatan ini direncanakan berlangsung mulai tanggal 27 mei s/d 2 Juni 2020. “Kegiatan Monev ini dilakukan untuk memastikan bahwa BLT DD ini disampaikan kepada kepala keluarga pemanfaat yang layak mendapatkan bantuan dari pemerintah desa” Ujar Kepala DPMD Situbondo Lutfi Joko prihatin.

“Sasaran kepala keluarga penerima bantuan adalah mereka yang kategori miskin dan juga warga terdampak covid19. Siapa itu warga terdampak? Yaitu mereka yang kehilangan mata pencaharian, kategori resiko tinggi karena sakit kronis menahun dan juga untuk difabel” tambah Lutfi

Monev ini didampingi juga oleh seluruh Tenaga Ahli Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA P3MD) Koordinator Tenaga Ahli P3MD Kab. Situbondo Ferry Sapta Putra menyampaikan “Sampai dengan tanggal 29 Mei 2020 ini telah tersalurkan BLT DD kepada 7.973 Kepala Keluarga yang tersebar di 54 desa se kab. Situbondo”.

Menurut data sementara yang dimiliki oleh TA P3MD Situbondo total sasaran BLT DD ini akan menyasar 16.121 KK di 132 desa dan dilakukan dalam 3 bulan sebesar 600.000 per Kepala Keluarga. “Target kami sampai dengan awal Juni untuk penyaluran tahap 1 untuk bulan pertama sudah tuntas di seluruh desa se Situbondo” pungkas Ferry.

Kahfi Hasan jurbalis citizen