*BLT DD di desa Kedunglo Situbondo mulai di salurkan*

SITUBONDO – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau (BLT DD) di Desa Kedunglo Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur mulai dibagikan. Dana tersebut diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak pandemi Covid-19, Kamis (28/5/2020).

Dari pantauan dilapangan, penyerahan hari ini dilakukan di desa Kedunglo Kecamatan Asembagus, Kedunglo merupakan desa ke 6 yang mencairkan BLT DD dari 10 Desa di Wilayah Kecamatan Asembagus.
Ada 136 penerima manfaat di desa yang di pimpin oleh Dediyanto ini.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Situbondo, Lutfi Joko Prihatin bersama rombongan, diantaranya Kabid Bina Pemerintahan Desa, Koordinator Tim Ahli Kabupaten serta Tim Ahli lainnya.

“BLT DD merupakan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Desa pada warganya, dengan melalui mekanisme dan prosedur yang sangat panjang, diharapkan BLT DD dapat tepat sasaran kepada mereka yang membutuhkan, jelasnya!

Lebih lanjut Lutfi menegaskan, sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat, penerima manfaat BLT DD ini berlangsung selama 3 bulan dan bisa diperpanjang untuk 3 bulan berikutnya.

“Apabila tidak ada perubahan dan sesuai arahan pemerintah pusat, terhitung mulai bulan April, Mei dan Juni 2020, masing-masing KPM menerima Rp 600.000,” tegasnya.

Lutfi menerangkan, masyarakat yang berhak menerima BLT DD ini adalah keluarga miskin kehilangan mata pencarian atau pekerjaan akibat Covid-19 dan tidak masuk dalam data penerima bansos lainnya dari pemerintah.

“Artinya Penerima Manfaat yang sudah masuk data BLT DD tidak boleh double, seperti warga yang sudah menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Pangan (BSP) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) serta Jaringan Pengaman Sosial Lainnya dari Pemerintah, disamping itu KPM BLT DD wajib mengisi Surat Pernyataan Tidak pernah menerima bantuan dari manapun”

Reporter : Kahfi Hasan