Mbah Udin Ulama Tersembunyi

 

Pagi ini kami Cangkruk’an di Padepokan sambil ngopi bersama Mbahdin Mbah Kliwon (Sidoarjo) Mas Cuk (Zuriahnya Bupati Nganjuk pertama) yang sengaja bersilaturrohim ke tempatnya Mbahdin dan seperti yang selalu kami lakukan adalah berbincang ngalor ngidul sinambi nyruput kopi juga tak lupa udut di jepitan jari sebagai “Fardhune” Cangkruk’an kali ini Mbahdin menceritakan tentang hasil sowan beliau dari Mbah Jad (KH. Muzajjad Faqihuddin) pengasuh Ponpes Pengkol seorang ulama sepuh di wilayah Nganjuk.

Mbahdin menceritakan ketika silaturrohim ke Mbah Jad beliau ndawuhne “Santri kuwi kudu gelem NULIS, MOCO, NGAMALNE terus NGRASAKNE ilmu karena itu bagian dari ikhtiar agar ilmu itu manfaat selain itu Mbahdin juga ndawuhne bahwa Indonesia ini tidaklah sedang krisis ekonomi tapi krisis IMAN, krisis AKHLAK, krisis KEPERCAYAAN dan krisis KEMANUSIAAN.

Nah untuk berikhtiar memperbaiki keadaan itu harus di mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan dst.. apa yang di perbaiki yaitu IMAN, ISLAM, IKHSAN & IKHWAN kita niatkan untuk memperbaiki itu biarlah Gusti Allah yang menilai karena itu adalah bentuk “Sesaji” kita kepada-Nya yang harapan kita semoga di terima sehingga Gusti paring welas asih kepada kita semua Bangsa Indonesia agar benar benar kita merdeka sebagai Bangsa Indonesia.

Totok Budiantoro

Koresponden MM.com.