Selamat Datang Mas Guru

oleh : Dwi Yanto

Selamat datang Mas Guru, pesan yang Mas Guru sampaikan sudah terlaksana di era 70-an. Murid lebih belajar bersosialisasi, berkoordinasi, dan berkolaborasi melalui permainan tradisional, misal. Semangat nasionalisme membara di dada dengan melantunkan syair lagu “Pribang-pribangsaku, ayo maju-maju, ayo maju maju”, syair Rayuan Pulau Kelapa, O Inani Keke, Syukur, misal. Lembut hatinya.

Selamat datang Mas Guru, pesan murid berkarya di era 70-an sudah terlaksana, mereka tidak belajar mata pelajaran, namun belajar “ber-” (bercerita, berkomunikasi, berhitung, bernyanyi, bersosialisasi, berolah raga, bermain tradisional, berpuisi dll) dan “me-” (menggambar, membuat topeng dari kertas bekas atau sabut kelapa, mendongeng, membuat puisi, menulis, mengamati, menganalisis, menyimpulkan dll).Minim buku, minim PR pilihan ganda.

Selamat datang Mas Guru, pesan murid mengajar sudah terlaksana di era 70-an, murid yang pintar mengajari teman sebayanya, santri yang pintar mengajari santri sebayanya atau adik kelasnya.

Selamat datang Mas Guru, pesan mempersempit administrasi guru sudah terlaksana di era 70-an. Guru sangat enjoy. Guru hadir sepenuh hari di sekolah, tidak ada jam kosong apalagi hari kosong mengajar, mereka dekat dengan murid terkasih. Guru hadir sedekat dan sepenuh hati.

Selamat datang Mas Guru, pesan guru bahu membahu dan saling menolong sudah terlaksana di era 70-an (kecuali dalam hal finansial, senasib sepenanggungan).

Selamat datang Mas Guru Profesional, seharga profesionalitas dan profesionalisme Mas Guru, kesejahteraannya.

Selamat datang Mas Guru, cukupkan dengan Bimtek online tanpa harus meninggalkan kelas! Cukupkan administrasi guru tersedia online dengan bebas improvisasi! Cukupkan dengan sistem pembelajaran “ber-” dan “me-” dengan konsekuensi soal kelulusan dibuat mandiri agar tak terbebani target nilai Unas sehingga leluasa beimprovisasi! Cukupkan para lulusan mampu berdaya kerja dan berdaya saing! Dll… Dll….

Selamat Hari Guru, Mas Guru.

Hormat saya

ttd
STAF RASA GURU