Ustad Abdussomad Bergelar Syekh Setelah Baiat Tariqat Qodiroyah Oleh Syekh Maulana Habib Lutfi

? *UAS sowan ke Maulana Habib Luthfi bin Yahya* ✨

Pada hari Jumat, 8 Februari 2019, UAS beserta rombongan, diantaranya _(guru saya yang sangat saya hormati)_ Ust Arif Hasanul Muna, Ust Afifudin Jombang dll menemui Maulana Habib Luthfi di Studio (Radio).

Pertemuan berlangsung sekitar satu jam, selain silaturrahmi juga *UAS Baiat Thariqah.* Ia menyampaikan kepada Maulana, sebelumnya sudah baiat Thariqah Qadiriyah dan Satariyah.

*Maulana meminta UAS agar memilih antara dua Thariqat itu yang bisa diamalkan secara intens. Maulana menganjurkan Thariqat Satariyah, kecuali jika ada wasiat (dari Thariqat sebelumnya) untuk mengamalkan salah satu dari keduanya. Ternyata benar ada wasiat, akhirnya UAS memilih Thariqat Qadiriyah. Dan Maulana membaiatnya.*

Selain itu UAS juga menunjukan lembaran silsilah Thariqah Satariyah. Maulana mengecek sanad, ada 3 nama yang dikoreksi oleh Beliau.

Maulana juga menambahkan keterangan *bahwa Sanad Thariqah Qadiriyah tertua memang di Medan.* Wajar jika UAS berbaiat disana pertama kali.

UAS sedikit bicara, lebih banyak menyimak dengan menundukan badan. Maulana dan UAS dari awal hingga akhir berkomunikasi dengan bahasa Arab.

*Pada pertemuan ini juga Maulana Habib Luthfi menyampaikan strategi dakwah untuk memperkuat Ahlul Sunnah wal Jamaah. Beliau menyampaikan, berharap kepada UAS untuk kemajuan Nahdlatul Ulama ke depan.*

*Maulana Habib Luthfi juga mengatakan sekarang panggilannya Syekh, _lengkapnya Syekh Abdul Somad Batubara,_* karena gelar ustadz sudah terlalu lumrah digunakan oleh Wahabi.

Setelah pertemuan dirasa cukup, maka *UAS berpamitan dengan memeluk erat Maulana Habib Luthfi bin Yahya.* Semoga kita semua mendapatkan keberkahan dari pertemuan ini.

Ahmad Tsauri,

dari UIN Sunan Kalijaga (Yogyakarta)* ☸

Koresponden MM.com