MIDA Goes to Jakarta

Kota Blitar – menara madinah.com – Seperti agenda tahun-tahun sebelumnya, MI Perwanida Blitar (MIDA) selalu melakukan kegiatan rutin untuk siswa Kelas 6, yaitu studi wisata dan pembelajaran terpadu.

Kegiatan ini biasanya dilaksanakan di semester gasal setelah siswa Kelas 6 menyelesaikan ujian Penilaian Tengah Semester (PTS). Begitu PTS berakhir, pada Sabtu (12/10) siswa Kelas 6 yang berjumlah 126 siswa beserta 18 pendamping dan 1 orang anggota kepolisian berangkat menuju Jakarta untuk melaksanakan studi wisata dan pembelajaran terpadu dengan menggunakan transportasi kereta api.

“Tujuan studi wisata dan pembelajaran terpadu tahun ini adalah Ibu Kota Indonesia – Jakarta,” kata Juliatin Nafi’ah –Ketua Pelaksana. Tempat-tempat yang dikunjungi antara lain: Gedung DPR RI, Taman Mini Indonesia Indah beserta Museumnya, Monas, Kota tua, dan Masjid Istiqlal. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama empat hari mulai dari 12 -15 Oktober.

Mengenai kegiatan tersebut, konsep yang diterapkan sekolah tidak hanya sekedar berwisata dan bersenang-senang saja tetapi berupa sebuah pembelajaran yang sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra pelajaran maupun antar mata pelajaran.

Juliatin Nafi’ah lebih lanjut menuturkan, dengan adanya pembelajaran terpadu ini, siswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Bermakna disini berarti pada pembelajaran terpadu siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan nyata.

Mereka diajak mengunjungi Ibu Kota, jadi dapat melihat langsung bagaimana kehidupan di Kota Jakarta. Mereka juga dapat melihat gedung DPR RI, Monas, Masjid Istiqlal, Kota Tua, dan dapat menggali ilmu serta belajar di TMII. “Selain itu, siswa juga dapat mempraktikkan mata pelajaran agama secara langsung, yaitu shalat jamak dan shalat di dalam kendaraan.”.

Juliatin juga menambahkan bahwa selain mengunjungi tempat-tempat untuk wisata, siswa sudah dibekali dengan lembar kerja yang harus mereka kerjakan. Dan saat pulang dari kegiatan ini siswa akan membuat laporan tertulis atas kegiatan yang telah dilakukan bersama kelompoknya tersebut.

“Semoga kegiatan studi wisata dan pembelajaran terpadu ini dapat bermanfaat dan menjadi kenangan Indah bagi seluruh siswa Kelas 6,” pungkasnya. (elifia/moza) – Jurnalis Citizen MM.com