Pusat, Provinsi Dan Daerah Sinergi Program JASLUT Dan BLU

Jember-menaramadinah.com- Ratusan warga Lanjut Usia memadati Balai Desa Jelbuk Jember dalam Acara Penyaluran Jaminan Sosial Usia Lanjut (JASLUT) dan Bantu Lanjut Usia (BLU) tahap pertama, Rabo 02 Oktober 2019.

Berdasarkan Laporan PLT Kepala Dinas Sosial Sri Wahyuni, penyaluran tahap pertama terdiri dari 549 warga Penerima JASLUT dan 87 warga BLU.

“Penerima bantuan merupakan penerima manfaat PKH, dengan syarat kreteria usia diatas 70 tahun, memiliki cucu yang membutuhkan biaya pendidikan , atau membutuhkan biaya kesehatan,” tandas Sri Wahyuni.

Lebih lanjut Wahyuni mengungkapkan, Progam ini merupakan Kolaborasi dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Daerah.

“Bantuan yang dari pusat menggunakan Rekening BNI 46, Sedangkan Pemprov dan Pemda mengunakan Bank Jatim, untuk yang Bank Jatim bisa dicairkan di tempat ini juga,” imbuh Sri Wahyuni.

Sementara Itu Wakil Bupati Jember Drs Kh. Muqit Arief mengungkapkan Penyaluran bantuan terhadap lansia berada di empat titik, yakni Desa Jelbuk merupakan tahap pertama.

“Tadi ada alat bantu kesehatan yang diberikan kepada lansia yang membutuhkan, kami sangat termotivasi dengan semangat para lansia, selain bantuan tadi Pemerintah Jember juga memberikan bantuan memberikan terhadap seratus orang yang hidup sebatang kara di Sepuluh Kecamatan,” tegas Wabup Muqit Arief.

Wabup menambahkan, Progam bantuan akan terus dikembangkan, dan evaluasi untuk lebih memaksimalkan sesuai pemutahiran data.

Pantauan media ini saat acara sangat meriah sekali, bahkan Kantor Desa Jelbuk hingga penuh dengan warga penerima manfaat. (Hrl/Bas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *