MIDA Juara Umum Math Competition PHI 2019 se-Jawa Bali

Kota Blitar – menara madinah.com – MI Perwanida (MIDA) Blitar kembali melambungkan namanya dalam bidang akademik. Minggu (15/09) sebanyak sebelas siswa MIDA mengikuti babak Final Penutupan dan Perebutan Juara Math Competition Pekan Hari Ilmiah (PHI) Ke – XVIII Tahun 2019 se-Jawa Bali.

PHI merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun yang diadakan oleh Himaprodi Matematika Universitas Islam Malang. Kompetisi matematika ini dikemas dalam dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak perebutan juara. Pada babak penyisihan bertempat di rayon masing-masing, untuk Blitar berada di SMPN Kanigoro dengan MI Perwanida mengirimkan 30 peserta.

“Pada babak penyisihan tersebut jumlah peserta keseluruhan sekitar 200 anak dan dari MIDA lolos 11 siswa,” kata Ustazah Ratna Khusna, guru pembimbing matematika MI Perwanida Blitar pada Senin (16/09).

Sebelas siswa tersebut akhirnya bersaing dengan peserta lain dari berbagai daerah dan mendapatkan 7 medali. Ketujuh siswa yang memperoleh medali tersebut: Zufar Hanasta Ilmi, siswa Kelas4 yang memperoleh medali emas, Naufal Azka (Kelas 1, emas), Naufal Nabil (Kelas 1, perak), Alexa Najla Taskia Putri (Kelas 4, perak), M. Habiburrohman (Kelas 4, perak), Terbit Pancasona (Kelas 1, perunggu), Orlando Rafa (Kelas 2, perak), Jasmin Putri Kinasih (Kelas 2, medali merit), Amira Nediva (Kelas 1, medali merit), Farros Falentino Jovan (Kelas 4, medali merit) dan Nauval Dzaki (Kelas 3, medali merit).
“Jumlah medali siswa MI Perwanida yang paling banyak dan berhak memperoleh Juara Umum Math Competition PHI 2019,” tegas Ustazah Ratna Khusna. Kami gembira sekali, kompetisi seperti ini dapat mengasah kemampuan anak-anak dalam mempersiapkan dirinya untuk bersaing dalam olimpiade matematika pada level yang lebih tinggi. (elifiamoza) – Jurnalis Citizen MM.com