Sore Ini Saya Dekan FH Unej Dr. NURUL GUFRON Diuji Komisi 3 DPR RI

Dr.  Nurul Gufron menyatakan, nanti sore hari ini saya  diuji Komisi 3 DPR RI. Mohon doa nya, Nanti sore sy akan Fit and Proper test (FPT) capim KPKFPT merupakan test terakhir dr rangkaian test yg telah sy lalui sejak bulan Mei lalu..
Materi test tentu tdk jauh dr makalah yg disoalkan kpd saya ..yaitu ttg SP3 (penghentian penyidikan) tindak pidana korupsi oleh KPK.
sy menilai SP3 adalah nilai sistem peradilan pidana yg religius, sesuai konsep negara hukum Indonesia, bernegara hukum pancasila. Negara hukum yg sadar bahwa sebagai manusia kita adalah kholifah untuk menegakkan kebenaran dan keadilan .. sementara yg maha benar hanyalah Allah tuhan Yme.
Karena itu pemeriksaan pengadilan dgn segala aturan dan sop nya utk mencari kebenaran harus dipandang sbg upaya manusiawi…yg wlw pun diupayakan scr maksimal msh akan mungkin salah ! Krn kita yaqin yg maha benar hy Allah …dan prosesnya di peradilan di yaumul hisab, namun sbg manusia yg diperintahkan mencari kebenaran ya harus tetap diupayakan dg tetap sadar bhw upaya manusiawi itu hrs dibuka ruang khilaf2nya manusia, untuk itu perlu ada ruang “pembuangan sampah” menjadi kotoran yg terikut supaya tidak sebah sistemnya, namun hanya kasus dengan keadaan tertentu saja yang bisa diterbitkan SP3.

Dihadapan negara hukum, setiap warga harus diperlakukan sama. Salah satunya dihadapan hukum pidana yg itu merupakan kategorisasi perbuatan apa yg boleh dan terlarang dan krn nya diancam pidana. Mk tidak boleh ada perlakuan yg berbeda thd apa yg dikategorikan sama oleh negara. Dlm hal ini tindak pidana korupsi, itu di kategorikan sama oleh negara berdasar UU 31/1999 jo 20/2001 krn nya ..siapa pun aparatnya tdk boleh ada perlakuan yg berbeda, klw aparatnya berbaju coklat bawa pentungan, klw berbaju putih bawa sempritan, klw bertopeng bawa M16.. itu adalah diskriminasi ..

Tulisan ttg sistem peradilan pidana korupsi ini bukan tulisan dan pendapat baru saya, sy sdh menulis ini dalam tesis pd desember 2003, ketika itu baru lahir UU KPK pd agustus 2003, dan sementara iti kelembagaan KPK belum lahir belum dibentuk, setahun kemudian KPK baru dibentuk.. pd 2004. Sehingga pandangan sy bukan pandangan yg ikut arus ataupun pro perubahan UU KPK dan sebagainya .. silahkan cek diperpustakaan Pasca UNAIR ..dg Judul “Optimalisasi Sistem Peradilan Pidana Tindak Pidana Korupsi”

Sehingga anggap ini ujian tesis ulang bg saya.. semoga Allah meridhoi …

Tak lupa sy mohon ridho kpd segenap masyayikh…kyai..gus..lora..ustadz dan segenap jamaah ..semoga Allah meridhoi ikhtiar dan hajat saya ini..

Terimkasih atas doa2 dan dukungan segenap sahabat PMII,HMI, GMNI, IPNU, ISNU, ANSOR, MATAN, Sarbumusi, Jatman, jamaah sholawatan, jamaah yasinan, jamaah tahlilan, jamaah manaqiban, ikhwan dan akhowat An Naqshabandyah diseluruh dunia dan segenap warga Indonesia ..

Jadwal Fit and Proper test Nurul Ghufron hari ini tgl 11 sep 2019 jam 15.30 d gd komisi 3 Nusantara 3 komplek DPR RI jl Gatot Subroto

Saya mohon doa dan dukungan sahabat2 semuanya.. saya makhluk lemah.. byk kekurangan dan khilaf ..semoga Allah menguatkan, memandaikan, mencerdaskan menerangkan ..agar sy mampu menjawab pertanyaan2 para anggota dewan komisi 3 DPR RI ..

utk semuanya..
Terimakasih selama ini telah turut mendoakan ..turut mendukung dan meramaikan..turut dagdigdug .. itu tentu krn diantara kita dijalin satu ikatan bathin …
Semoga Allah selalu mengikat hati kita hingga akhir zaman ..

Wallahul muwafiq ilaa aqwamith thoriq

Wassalamuaalikum Wr Wb.

Singgih Sutoyo

Jurnalis Citizen MM.com