SEMARAK SMP NEGERI 3 ROGOJAMPI MEMPERINGATI HARI KEMERDEKAAN RI KE 77

Banyuwangi menaramadina.com, Masih terasa gema dan semangat jiwa Nasionalisme bagi rakyat Indonesia, momentum untuk berjuang menggaungkan kembali semangat berusaha para pejuang memerdekakan diri, Bangsa dan Negara dari belenggu penjajah.

Pada moment ini biasanya masyarakat turut menyemarakkan dengan berbagai ragam acara dan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun. Pewarta menaramadina.com melaporkan.

Antusiasme dan semangat Nasionalisme juga terlihat di SMP Negeri 3 Rogojampi, Kamis tanggal 18 Agustus 2022 menjelang pukul 07.00 WIB dengan iringan lagu-lagu nasional yang menggema dilingkungan sekolah, segenap panitia dan pengurus OSIS mempersiapkan diri, berbagai atribut serta perlengkapan lainnya untuk menggelar lomba memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77.

Di awali do’a pagi yang biasa dilaksanakan di halaman sekolah, segenap Bapak/Ibu Guru, staf tata usaha dan peserta didik dengan khidmat berdoa dikhususkan kepada para pejuang/pahlawan yang telah gugur dan berjasa memerdekakan Bangsa dan Negara Indonesia, juga berdo’a memohon keselamatan dan persatuan serta kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia.

Setelah do’a pagi dilanjutkan acara pembukaan dipimpin langsung oleh bunda Yuli Eka Ismarini, S.Pd selaku Kepala sekolah.

Pada sambutannya bunda Yuli menyampaikan sekolah sangat mendukung dan mensupport seluruh kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 77, hal ini sebagai bentuk untuk menumbuhkan dan meningkatkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air bagi civitas akademika SMP Negeri 3 Rogojampi khususnya peserta didik.

Kurang lebih hampir tiga tahun sekolah kita vakum dan malah tidak ada kegiatan karena kondisi pandemi covid-19 pada saat itu. Pada hari ini mari kita rayakan dan meriahkan acara memperingati kemerdekaan dengan semangat juang tinggi dan kompetitif dalam mengikuti lomba-lomba yang sudah dijadwalkan oleh panitia.

‘Harapan kami semoga dengan perayaan ini lebih mempererat persaudaraan dan kekeluarga lebih guyub serta semangat kebersamaan bangkit memajukan SMP Negeri 3 Rogojampi tercinta pasca pandemi covid-19 ini’, tegasnya
Jumadi, S.Pd selaku ketua panitia menyampaikan kepada menaramadina.com, rencana dan persiapan pelaksanaan acara lomba-lomba sudah kita agendakan kurang lebih 1 minggu yang lalu dengan melibatkan pembina dan pengurus OSIS .

Lomba-lomba yang dilaksanakan bersifat lomba antar kelas 7, 8 dan 9, ada juga lomba bagi bapak/guru dan staf tata usaha, adapun lomba yang kita persiapkan antara lain, makan krupuk, memasukkan paku dalam botol, memindahkan kelereng secara estafet, memindahkan bola dengan mata tertutup ke keranjang, lomba menyanyi lagu-lagu nasional dan daerah, tidak lupa juga panitia mengadakan lomba kebersihan dan kerapihan kelas. Dan Insyaallah hasil pemenang lomba akan kita umumkan pada saat upacara bendera hari senin depan, ujarnya.

Di akhir wawancara Jumadi, S.Pd mengingatkan kegiatan ini tidak hanya sekedar memeriahkan peringatan hari kemerdekaan, akan tetapi segenap panitia dan sekolah mengharapkan ada nilai-nilai yang terkandung didalamnya antara lain cinta tanah air, menumbuhkan jiwa nasionalisme dan juga meneladani semangat pengorbanan para pejuang bangsa dan negara, tegasnya.

Salah satu siswi kelas 9 F Decznaia yang ditemui menaramadina.com, terlihat antusias dan bersuka cita menjadi salah satu peserta lomba menyanyi lagu-lagu nasional.

“Bangga dan sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena saya hobi menyanyi makanya ikut lomba menyanyi lagu nasional, mudah-mudahan menjadi pemenangnya Aamiin, harapnya. (pewarta Rishje)