Peringatan 77 Tahun HUT RI dan Grand Opening Dies Natalis ke-33 Smankar

Lamongan – Menaramadinah.com. Setelah vakum selama 2 tahun, kegiatan peringatan HUT RI di SMA Negeri 1 Karangbinangun, Kab.Lamongan kembali digelar. Hal yang istimewa, perayaan Kemerdekaan RI ke-77 Tahun 2022 ini juga dibarengi dengan Grand Opening Dies Natalis ke – 33.

Dua agenda kegiatan tersebut dihelat Senin, 15 Agustus 2022 dengan Apel Pembukaan oleh Kepala SMAN 1 Karangbinangun Drs. H. Ali Nurdin, M.Pd yang secara resmi membuka kegiatan Lomba dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2022 ini, yang diikuti oleh seluruh warga sekolah.

Sedangkan Grand Opening Dies Natalis ke-33 yang diprakarsai oleh OSIS Smankar ditandai dengan sesi pemotongan tumpeng oleh Ketua Panitia HUT RI ke-77 Smankar, Drs.Totok Sukarsono yang diberikan kepada Kepala Sekolah.

Ketua OSIS Smankar, Anggara Candra Kirana mengatakan pada Jurnalis MM, bahwa kegiatan HUT RI dan Dies Natalis Smankar berjalan bersama-sama dengan simbolis yakni pemotongan tumpeng, sebagai pertanda Grand Opening 2 kegiatan tersebut.

“Untuk kegiatan lomba bagi siswa langsung dimulai, Senin dan Selasa. Hari Kamis khusus lomba untuk bapak/ ibu guru. Sedangkan Jumat ada kegiatan Bazar, Lomba Karaoke dan Kebersihan Kelas,” tuturnya.

Anggara juga memaparkan agenda Dies Natalis yang segera disosialisasikan dan dijalankan, yakni pemilihan Kangmas dan Diajeng Smankar 2022.

Hanya saja, menurut Ketua OSIS Smankar ini ada sedikit kendala terutama Puncak Dies Natalis, jika dipaksakan di Bulan September – Nopember 2022 maka pihak sponsor akan sulit karena pertimbangan waktu yang mepet.

“Alternatifnya, dalam kepanitiaan karena OSIS lama akan bersinergi dengan Pengurus OSIS baru sehingga ada waktu cukup panjang yakni tahun depan (2923) untuk deal sponsornya,” lanjut Anggara.

Sedangkan Ketua Panitia Peringatan HUT RI ke-77 Smankar, Drs.Totok Sukarsono mengatakan bahwa kegiatan lomba yang digelar sifatnya adalah refreshing antar keluarga besar lembaga sekolah.

“Selain untuk memperingati HUT RI, perlombaan ini juga dimaksudkan sebagai sarana untuk mempererat jalinan persaudaraan antara warga sekolah dan para peserta didik, Dengan demikian, diharapkan semakin menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan yang dilandasi kebersamaan, kesetiaan dan sportivitas” katanya.

Hal yang juga dikuatkan oleh Waka Kesiswaan Smankar, Khusnul Yakin, S.Pd, M.Pd untuk kegiatan menyemarakkan HUT RI ini lebih dikhususkan untuk siswa sehingga lomba yang digelar juga yang ringan, dan lucu namun bisa membuat senang dan bergembira.

Sedangkan Kepala SMA Negeri 1 Karangbinangun, Drs. H. Ali Nurdin, M.Pd mengharapkan di kegiatan Agustusan ini siswa bisa mengambil hikmah, memiliki rasa bakti dan menghormati para Pahlawan.

” Jika dikaitkan Nasionalisme maka bakti dan hormat itu pada Pahlawan bangsa yang berjuang untuk kemerdekaan RI.

Sedangkan di masa kini, refleksinya, siapa pahlawan itu adalah orang tua kita dan bapak ibu guru yang membimbing untuk jalan kesuksesan,” katanya

H. Ali menegaskan bahwa cermin bisa memiliki rasa bakti dan hormat yang tulus itulah, tanda siswa itu bukan hanya pandai, tetapi lebih utama yakni memiliki karakter dan Akhlaqul Karimah.
*DANAR SP*