Juru kunci Makam Sunan Giri adakan Santunan Anak Yatim & Piatu Senin 17 Muharram 1.444 H.

Gresik-menaramadinah.com-Al-Qur’an secara tegas menjelaskan bahwa anak yatim adalah anak yang harus dipelihara, diperhatikan, dan diberi kasih sayang. Berikut ini firman Allah SWT terkait keutamaan menyayangi anak yatim:

“Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakan lah “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik.”(QS. Al-Baqarah [2]: 220)
Berikut ini beberapa keutamaan memberikan santunan anak yatim yang dilakukan secara rutin:

1. Berkesempatan Menjadi Teman Rasulullah SAW di Surga

Orang-orang mulia yang tulus merawat dan memelihara anak yatim akan masuk surga, berdekatan dengan Rasulullah SAW. Seperti dekatnya jari telunjuk dengan jari tengah, pernyataan ini sesuai hadits yang telah tertulis di atas.

2. Pengasuh Anak Yatim Dijamin Masuk Surga

Meskipun orang yang merawat dan mengasihi anak yatim yang tidak bisa menjadi teman Rasulullah di surga karena suatu sebab. Dia akan tetap dijamin masuk surga oleh Allah SWT.

3. Mendapat Gelar Abror (Saleh atau Taat Kepada Allah)

Keutamaan memberikan santunan anak yatim yaitu menjadi golongan orang-orang yang mendapat gelar abror.

Gelar abror ini biasanya diberikan kepada orang-orang yang saleh dan taat terhadap perintah dan larangan Allah SWT. Keutamaan ini diperkuat dengan adanya surat Al-Insan ayat 5 dan 6.

4. Mendapatkan Pertolongan dari Allah SWT

Menyantuni anak yatim dalam berbagai bentuk kepedulian nyata, merupakan ibadah yang akan mendatangkan berbagai pahala dari Allah SWT. Orang yang menolong anak yatim akan ditolong oleh Allah SWT.

5. Menghindarkan dari Siksa Akhirat

Keutamaan melakukan santunan anak yatim lainnya yaitu terhindar dari siksa akhirat, seperti yang telah dikatakan oleh Rasulullah SAW.

6. Tabungan Amal untuk di Akhirat

Menyayangi dan menyantuni anak yatim menjadi salah satunya investasi amal untuk bekal di akhirat. Hal ini juga sebagaimana yang telah dikatakan oleh Rasulullah SAW.

7. Mendapat Keberuntungan dan Menjadi yang Terbaik

Keutamaan menyantuni anak yatim selanjutnya adalah sebagai salah satu bentuk ibadah sosial dalam rangka amar makruf yaitu mengajak kebaikan dan nahi mungkar yaitu melarang berbuat maksiat.

Keutamaan menyantuni anak yatim lainnya dapat membersihkan pikiran, melembutkan, dan menghilangkan hati yang keras, seperti yang telah dijelaskan oleh Rasulullah pada hadits berikut:

Pahala Menyantuni Anak Yatim

Allah SWT telah menjanjikan pahala yang tak terhingga bagi orang-orang yang mau menyantuni anak yatim.

Lalu apa saja pahala yang akan kita dapatkan? Berikut ini beberapa pahala yang akan didapatkan oleh orang-orang yang merawat dan menyantuni anak yatim:

1. Mendapatkan Pahala Setara dengan Berjihad

Rasulullah SAW telah memberi jaminan bahwa pahala yang akan didapat oleh orang-orang yang menyantuni anak yatim, yaitu setara dengan pahala orang yang sedang berjihad.

Rasulullah juga menjelaskan ketika seseorang menyantuni anak yatim, tindakan mulai tersebut sama halnya dengan bangun pada waktu malam dan berpuasa di siang hari. Dan pergi berjihad di sore dan pagi hari jalan Allah SWT.

2. Mendapat Perlindungan di Hari Kiamat

Pahala menyantuni anak yatim selanjutnya yaitu tidak akan mendapat azab dari Allah SWT dan dijauhkan dari ancaman di hari kiamat. Tentunya pahala tersebut sangat diidam-idamkan umat muslim di hari kiamat nanti.

3. Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda

Berbuat kebaikan dengan cara menyantuni anak yatim akan mendatangkan pahala yang sangat besar. Pahala tersebut tidak hanya diberikan Allah SWT saat orang tersebut hidup di bumi, tapi juga saat di akhirat nanti. Seperti yang tertulis di dalam surat An-Nisa ayat 40 berikut:

“Dan jika ada kebijakan sebesar zarrah niscaya Allah akan melipatgandakan dan memberikan dari sisiNya pahala yang besar.” (An-Nisaa ayat 40)

4. Dimuliakan dan Diberi Limpahan Rezeki

Pahala menyantuni anak yatim selanjutnya yaitu akan diberikan rezeki berlimpah dan kemuliaan oleh Allah SWT. Sebagaimana yang tertulis di dalam surat Al-Fajr ayat 15 hingga 17 berikut:

“Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu dimuliakanNya dan diberinya kesenangan, maka dia berkata, ‘Tuhanku telah memuliakanku’. Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rezekinya maka dia berkata, ‘Tuhanku menghinaku’. Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya kamu tidak memuliakan anak yatim.” (Surat Al-Fajr ayat 15-17)

Doa Saat Menyantuni Anak Yatim

Sebelum kita melakukan santunan anak yatim -piatu Ada baiknya jika membaca doa menyantuni anak yatim terlebih dahulu, berikut ini doa beserta artinya:

اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي فِيهِ رَحْمَةَ الْأَيْتَامِ وَ إِطْعَامَ الطَّعَامِ وَ إِفْشَاءَ السَّلامِ وَ صُحْبَةَ الْكِرَامِ بِطَوْلِكَ يَا مَلْجَأَ الْآمِلِينَ

Allahummar Zuqni Fiihi Rahmatal Aytaam wa Ith’aamat Tha’aam wa Ifsyaas Salaam wa Shuhbatal Kiraam Bithoulika Yaa Maljal Aamiliin.

Artinya:

“Ya Allah, berilah aku rezeki berupa kasih sayang terhadap anak yatim dan pemberian makan dan penyebaran salam dan pergaulan dengan orang-orang mulia, dengan kemuliaan-Mu. Wahai tempat berlindung bagi orang-orang yang berharap.”

Insya Allah Juru Kunci Makam Sunan Giri akan mengundang Anak Anak Yatim dan Piatu yg keberadaannya dekat dengan Makam Sunan Giri seperti Desa Giri,Desa Kelangonan,Desa Kawisanyar dan Desa Sidomukti kecamatan Kebomas Gresik dan Alhamdulillah sudah tercatat ada 155 anak.
Pada Hari : Senin Pon.
Tanggal    : 15 Agustus 2022
Tempat     : MAKAM SUNAN GIRI.
PUKUL      : 09.00 WIB.

Harapan kami selaku ketua panitia bisa meneruskan Kegiatan dari Juru Kunci Makam Sunan Giri sebelumnya ,dengan memanfaatkan Kotak Khusus Anak Yatim-Piatu yg berada di Kompleks Makam Sunan Giri dengan Sticker Khusus dari perkumpulan KAUM GIRI ,” pungkas H.Ainul Ghoerry,th 63 sekaligus mantan kepala Desa Giri kecamatan Kebomas Gresik 2 periode. Gilang Adiwidya