Deklarasi dan Hasil Rakernas Sekber Wartawan Indonesia di Bogor

 

Sekber Wartawan Indonesia (SWI)  mengadakan Dekkarasi dan Rakernas 1  pada 22-25 Juli 2022 di Hotel Kinasih Bogor kemarin. Seperti apakah program yang dicanangkan. Berikut ini laporan Salman Khan :

Saya dan dua rekan pengurus, Pak Salman dan Pak Irfak, baru saja mengikuti. Adapun Hasil Rakernas, yakni deklarasi pembentukan dan pengesahan organisasi SWI, dan penyusunan program kerja.

Seperti ditegaskan Ketua Umum SWI, Maryoko Aiko, SWI bukan sekadar organisasi profesi wartawan. SWI didirikan dng Misi : Mewujudkan Wartawan yang Profesional Dan Sejahtera.

Adapun program jangka pendek yang segera dikerjakan DPP SWI, pasca Rakernas, antara lain:

1. Mendirikan Kantor Bersama Media Web Nasional di Jakarta, yang anggota seluruh jejaring portal berita di daerah yang digerakkan oleh anggota SWI. Portal berita nasional ini, akan bekerjasama dng Google, sehingga hasil pemasukan iklan akan dinikmati oleh seluruh anggota jaringannya.

2. DPP SWI akan mendirikan lembaga Big Data / Litbang yang arahnya akan memberi informasi yg lengkap terkait data apapun. Ini nanti sasarannya seperti lembaga survei yang bisa dijual kepada partai politik, menjelang pileg dan pilpres.

3. DPP SWI akan mengembangkan jaringan bisnis nasional, yang melibatkan semua pengurus di daerah. Ada banyak usaha yang akan ditawarkan, mulai bisnis perminyakan, batu bara, sampai herbal/produk kesehatan.

4. DPP SWI akan mengembangkan Koperasi Wartawan Sejahtera (SWS) yg sekarang sdh berdiri di Jakarta, menjadi koperasi skala nasional utk seluruh anggota SWI.
Dan berbagai program lainnya yg sedang di kaji oleh DPP, berdasar masukan DPW dan DPD pada Rakernas kemarin.

Monggo kita kembangkan SWI di tempat kita, kita tingkatkan soliditas dan loyalitas kita pada organisasi. Kita ikhtiar untuk sejahtera bersama.

Karena Ketua Umum, dalam pembukaan Rakernas menegaskan, kalau SWI tidak bisa mensejahterakan anggota, lebih baik dibubarkan.

Semoga Allah SWT, memberkasi setiap langkah kita. Aamiin Yaa Robbal’alamin.

Salman Khan