Kegiatan Kelompok Pertanian Layak Di Maksimalkan.

Oleh : Moch Agus Slamet, SE, MM Wapemred menaramadinah.com.

Kelompok kegiatan pertanian perlu di berdayakan secara maksimal.Hal ini di sampaikan penulis berkaitan dengan respeknya yang luar biasa terhadap pelaku usaha pertanian.Penyediaan kebutuhan pangan kita semua ini di hasilkan dari jerih payah seorang petani.Rasa tidak mengenal menyerah pun patut di sematkan kepada para pelaku pertanian.

Berkenaan dengan hal tersebut alangkah eloknya apabila, perkumpulan yang mengendalikan organisasi petani, benar benar di ambilkan dari pribadi yang jujur,ada waktu dan penuh inovasi.

Keperpihakan pemerintah dengan mengucurkan bantuan baik mulai dari bibit,pupuk benar benar bisa tepat sasaran dan tersalurkan betul pada semua anggota kelompok yang ada,dan jangan sampai terjadi malah sebaliknya.

Adanya papan nama kelompok yang terpasang, akan memudahkan para mitra dan instansi pemerintah bisa membaca dan bisa berlanjut untuk terjadi interaksi yang baik.Kekuatan jaringan pengurus kelompok dengan birokrasi pemerintahan yang membidangi masalah pertanian sangat perlu untuk di bangun secara baik.

Langkah pendekatan dengan perbankkan yang ada, mutlak juga untuk di jalin agar bisa terjadi interaksi simbiosis mutualis terkait dengan suntikan permodalan.

Langkah demi langkah di atas apabila bisa di jalankan secara baik dan benar,rasanya kehidupan petani ke depannya akan menjadi alternatif usaha yang mrnjanjikan bagi para kawula muda yang masih bingung ingin kerja apa yang memungkinkan bisa di jalankan.Bagaimana tanggapan anda.?