Paling Lambat Oktober, Arab Membuka Umrah untuk Indonesia

 

Surabaya-menaramadinah.com-Belum dibukanya umrah untuk jamaah Indonesia oleh pemerintah Saudi Arabi bukan karena kurangnya lobi dari pemerintah Indonesia melainkan karena pemerintah Arab Saudi sangat memperhitungkan jamaah umrah Indonesia yang biasanya jumlahnya sangat banyak. Demikian disampaikan DR H NUR ARIFIN, M.Pd,

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI.

” Arab Saudi sangat berhati hati sekali. Ada lima negara yang belum dibuka umrahnya termasuk jamaah Indonesia yang jumlahnya sangat besar. Mereka takut kalau nanti menjadi penyebab menyebarnya covid di negaranya. Makanya pertimbangannya sangat matang,” papar DR H Nur Arifin MPd ketika menerima rombongan Mina Wisata, Travel haji dan umrah di Hotel Premier Place Juanda Kamis (23/9).

Dikatakan, umrah untuk jamaah Indonesia dalam waktu dekat akan segera dibuka. Paling cepat September ini, paling lambat Oktober mendatang.

” Dari pembicaraan dengan Dubes Arab Saudi Rabu (22/9) kemarin, Insya Allah September- Oktober ini Arab Saudi akan membuka umrah untuk jamaah Indonesia. Sekarang jamaah umrah Indonesia harus sudah disiapkan dengan memastikan sudah dua kali divaksin,”tambahnya.

Ditanya soal umrah biaya tinggi apabila diberlakukan satu pintu, Nur Arifin mengatakan bahwa itu dilakukan dalam rangka membangun kepercayaan dari Arab Saudi.

“Pengalaman umrah masa pandemi pada November 2020 sampai dengan Februari 2021 terdapat sekitar 2.500 jemaah umrah yang berangkat dan ditemukan 125 jemaah umrah (5%) yang terkonfirmasi positif covid setelah tiba di Arab Saudi. Belajar dari pengalaman tersebut perlu diwacanakan umrah satu pintu melalui Asrama Haji Bekasi atau Asrama Haji Jakarta. Ini tidak seterusnya. Hanya pertama saja untuk membangun kepercayaan dari Arab Saudi ,” jelasnya.

Ditambahkan, kemenag ingin keberangkatan umrah pertama dari Indonesia, aman dan tidak ada kasus COVID-19 lagi.

“Kita ingin jamaah umrah pertama yang berangkat ke Arab Saudi, nol kasus covid. Bahkan pak Dubes Arab Saudi untuk Indonesia juga akan mengawal langsung jamaah umrah keberangkatan pertama dari Indonesia,” pungkasnya. (NCH)