Bersama Sandiaga Uno, Anggota Banggar Komisi X DPR RI Fraksi Golkar hadiri Giat Anugerah Desa Wisata di Ranupani, Lumajang.

Lumajang-menaramadinah.com-Menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif Sandiaga Uno berkunjung ke kawasan Desa Wisata Ranupani, Lumajang, Jawa Timur Minggu (19/09).

Kedatangan menteri yang gemar rutin olahraga lari Minggu pagi ini dalam rangka meninjau langsung pemenang 50 destinasi Anugerah Desa Wisata. Jawa Timur sendiri secara nasional terdapat 6 Desa Wisata yang berhasil dari 1300 dan salah satunya Desa Wisata Ranupani Lumajang.

Hadir dalam acara tersebut Anggota Banggar DPR RI Komisi X dari Fraksi Partai Golkar H. Muhamad Nur Purnamasidi, Bupati dan wakil Bupati, Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur dan Lumajang, Pokdarwis serta Berbagai pelaku wariwisata dan ekonomi kreatif.

Berbagai atraksi kesenian terutama khas budaya Tengger menyambut kedatangan tamu undangan. Terlihat pula beragam stand yang menyajikan berbagai hasil olahan produksi usaha ekonomi mikro dan kecil masyarakat Lumajang.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Sandiaga menegaskan di tengah situasi Pandemi Covid 19, desa wisata menjadi salah satu katalisator untuk membangkitkan serta meningkatkan gerak laju perekonomian masyarakat. Saya merasakan sendiri bermalam di sini dengan hawa dingin, homestay dengan toilet yang bersih, pemandangan yang indah, masyarakat yang ramah.

Semoga Ranupani menjadi destinasi unggulan, desa wisata yang berkesinambungan, mengingat secara geografis terdapat dalam satu kawasan pengembangan destinasi wisata superprioritas yakni kawasan Bromo, Tengger dan Semeru.

H. Muhamad Nur Purnamasidi mengungkapkan agar pengembangan destinasi desa wisata tidak berbasis pada industri wisata, tetapi membangun komunitas Desa Wisata.

Dengan demikian, kolaborasi dan sinergi dalam membangun serta mengembangkan ekosistem pariwisata memiliki ke Khasan dan keunikan masing masing dengan mengutamakan dan menjaga nilai nilai serta tradisi kearifan lokalnya.

Pria yang akrab disapa Bang Pur ini berharap wisata desa ke depan bisa terintegtasi dan menjadi bagian “satu paket” dengan destinasi wisata yang ada, lintas kabupaten dan kota.

Bupati Lumajang Cak Thoriq menyampaikan terima kasih, dengan kehadiran mas menteri secara langsung di Desa Wisata Ranupani merupakan kebanggaan dan kehormatan tersendiri bagi masyarakat Lumajang. Acara diakhiri dengan peresmian penandatangan prasasti oleh Mas Menteri. Om lyan.