PPKM LEVEL 1, BUPATI JEMBER TANCAP GAS HIDUPKAN SEKTOR WISATA DAN TRASPORTASI KONVENSIONAL

 

Jember-menaramadinah.com-Bupati Jember Hendy Siswanto saat melouncing angkutan wisata/MenarahMadinah.com
Setelah Kabupaten Jember, turun ke PPKM level 1, Bupati Jember, H. Hendy Siswanto bergerak cepat mendorong berkembangnya perekonomian, yang mendukung Sektor pariwisata di Kabupaten Jember.

Dengan melaunching program Pemberdayaan Transportasi Konvensional sebagai Angkutan Wisata di depan pendopo Wahya Wibawagraha Jember, Rabu ( 15/9).

“Pemerintah harus hadir, membantu saudara-saudara kita para sopir angkutan konvensional, ojek konvensional dan tukang becak. Langkah ini adalah awal dari kebangkitan ekonomi kita,”kata Bupati Hendy dikutip Kantor Berita MenarahMadinah,Rabu (15/9).

“Kami dari pemerintah juga menyiapkan infrastruktur jalan yang baik dan melatih para pengemudi angkutan konvensional, untuk melayani wisatawan,” sambungnya.

Usai Lounching angkutan wisata, Bupati Hendy menjajal sebagai pengemudi becak wisata, mengayuh becak di seputaran alun-alun kota Jember.

Ikut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Jember Gus Firjaun,7 kepala OPD terkait seperti Kadisparbud Jember, Kadishub Pemkab Jember dan seluruh insan transportasi konvensional.

Bupati Jember menggandeng para supir angkutan konvensional seperti angkutan kota, ojek konvensional sampai becak.

Bupati memberdayakan mereka menjadi pemandu wisata. Sebab selama ini, angkutan konvensional paling terdampak saat pandemi. Karena itu, para supir angkutan wisata tersebut, dibekali keterampilan dalam melayani para pelancong yang datang ke Jember.

Untuk menarik wisata, Yakni keterampilan dan etika yang baik dan ramah, berpenampilan yang baik dan sopan, komunikasi yang baik serta kemampuan dalam mendeskripsikan beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Jember.

Dalam kesempatan tersebut, berpesan kepada para supir angkutan wisata, supaya jeli dalam menangkap peluang serta memastikan dia dan penumpangnya (wisatawan) untuk menaati protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan covid 19.

Selanjutnya,”Jangan lupa juga mempromosikan tentang wisata kita, promosi dari mulut ke mulut itu lebih baik. Disini wisatanya bagus itu tawari semua ke siapapun yang anda kenal,” katanya.

Bupati Jember mempercepat perbaiki infrastruktur menuju tempat wisata. Selain itu mempersiapkan tempat wisatawanya, mulai kebersihan dan kenyamanannya, karena tempat wisata di Jember baru dibuka dua hari.

Sedangkan untuk becak konvensional, Bupati juga akan menyiapkan lokasi tertentu untuk tempat becak wisata yang tentunya dengan jarak yang terjangkau.

Usai Lounching, para supir angkutan wisata langsung mengantarkan para pelancong ke beberapa tempat wisata heritage (tempat bersejarah) di Jember seperti menara air pasar tanjung, Gedung LMOD (Landbouw Maatsccappij Oud Djember) yang sekarang Kantor PTPN XII dan banyak lagi lainnya.pungkas (Trusno70)