Di Temukan Sumber Mata air kembar di Nguling Pasuruan jatim

Pasuruan (menara_madina) 13/9-Dimusim kemarau ini ada sebagian warga Pasuruan Jawa timur yang kesulitan air bersih tetapi juga ada yang kelebihan air bersih. Di desa Wates tani kecamatan Nguling kabupaten Pasuruan Jawa timur di temukan sumber mata air di tengah sawah yang airnya bersih dan melimpah

” Awal mula di temukan Sumber mata air ini di temukan warga saat menggarap sawah ketika akan mengairi sawah ada sumber mata air yang mengalir terus. Kemudian sumber mata air itu di buatkan kubangan agar tidak mengaliri ke tempat lain. Karena air terus mengalir oleh warga sekitar diambil di masukan curigen dan botol plastik untuk dibawa pulang untuk keperluan minum di rumah. ” Kata Toto koord.kelompok informasi masyarakat nguling.

Hingga saat ini air masih terus mengalir oleh warga desa di sediakan pancuran dari paralon sehingga warga yang mengambil air mudah tinggal menadahkan wadah air di kran paralon .

Agus Kencanaa ketua Badan usaha milik Desa (BUMDES mandiri) Desa Wates tani mengajak warga untuk menjaga air tetap mengalir dan saat mengambil air menjaga kebersihan lingkungan agar air tidak tercemar.

Sementara kang Sobari dari yayasan peduli lingkungan Pasuruan Indonesia (YPLPI) ketika bertandang di lokasi sumber mata air Di desa Wates tani mengajak untuk merawat sumber mata air kembar ini.

Dari pantauan di lokasi ada 2 sumber mata air besar terus mengalir sehingga perlu perawatan dan penanganan khusus.

” semoga dengan adanya informasi ini pihak pemerintah kabupaten Pasuruan bisa membantu memugar sumber mata air agar terus mengalir dan bisa di jadikan obyek wisata untuk pemasukan kas desa. (Sob/pas).