Sinergi SMP PGRI 1 Buduran – Puskesmas Buduran Sukseskan Vaksinasi Peserta Didik

SIDOARJO – Setelah sukses vaksinasi dosis 1 dan dosis 2 untuk guru dan tenaga kependidikan, SMP PGRI 1 Buduran dan Puskesmas Buduran kembali bersinergi melaksanakan program vaksinasi Covid-19, khususnya untuk peserta didik.

Sepekan yang lalu 80 orang peserta didik sudah divaksin dosis 1 di Puskesmas Buduran. Kali ini, sebanyak 380 orang peserta didik divaksin dosis 1 di sekolah, Sabtu (11/9/2021). Untuk vaksinasi dosis 2 diperkirakan pada awal bulan depan.

Memang, hari Sabtu tersebut merupakan hari yang istimewa untuk peserta didik SMP PGRI 1 Buduran.

Pada hari Sabtu yang biasanya rutin diisi dengan pembelajaran ekstrakurikuler wajib Pramuka daring dan luring dilanjutkan ekstrakurikuler pilihan juga daring dan luring, kali ini diisi dengan kegiatan vaksinasi massal peserta didik.

Sejak pagi hari, peserta didik sudah datang di sekolah dengan mengenakan seragam khas batik SMP PGRI 1 Buduran. Masuk ke kelas masing-masing dengan tertib, ditunggui oleh bapak/ibu guru wali kelas atau yang mewakili.

Untuk mempersiapkan syarat-syarat vaksinasi Covid-19. Semua kegiatan dilaksanakan dengan disiplin protokol kesehatan yang ketat.
Secara bergiliran perkelas mereka masuk ke ruang Aula Pandan Wangi SMP PGRI 1 Buduran untuk divaksin. Mulai menjalani skrining, vaksinasi Sinovac dosis 1, verifikasi nama-NIK-nomor handphone, entry data, dan print out kartu vaksin. Dengan dilayani oleh 19 tenaga kesehatan, dibantu bapak/ibu guru dan tenaga kependidikan yang tergabung dalam Satgas Covid-19 SMP PGRI 1 Buduran.

Peserta didik yang sudah divaksin saat keluar ruang vaksinasi, tangannya distempel sebagai tanda sudah divaksin. Kembali ke kelas masing-masing dengan dikawal oleh guru wali kelas. Duduk di kelas selama 30 menit untuk menunggu efek KIPI (Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi). Jika keadaannya baik-baik saja, maka diperbolehkan untuk pulang.

Dalam kegiatan vaksinasi tersebut hanya beberapa anak yang semula tidak lolos skrining, namun setelah beristirahat cukup bisa lolos skrining dan akhirnya sukses divaksin. Demikian juga, hanya beberapa anak yang mengalami efek KIPI, di antaranya kepala pusing. Namun setelah beristirahat cukup, kembali dalam kondisi baik, dan diperbolehkan pulang.

Vaksinasi yang dilaksanakan pukul 08.30 sampai 11.00 WIB tersebut dihadiri oleh Kepala Puskesmas Buduran, dr. H. Yoppy Agung Priambodo, MM, Ketua Tim Vaksinasi Puskesmas Buduran, Indar Kusumaningayu; Babinkamtibmas Desa Siwalanpanji dari Polsek Buduran, Bripka Hadi Prayitno; Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd; Wakil Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Dra. Hj. Eva Wahyuda, M.Pd; dan Ketua Satgas Covid-19 SMP PGRI 1 Buduran, Drs. Koesmoko.

Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada pihak Puskesmas Buduran yang sudah membantu terlaksananya vaksinasi dosis 1 untuk peserta didik.

“Semoga kerja sama yang terjalin dengan baik ini, bisa ditingkatkan untuk masa mendatang, khususnya terkait dengan penanggulangan Covid-19,”ujarnya.

Indrajayanti Ratnaningsih juga mengapresiasi kinerja Satgas Covid-19 SMP PGRI 1 Buduran beserta para guru dan tenaga kependidikan yang sudah bisa bekerja sama mewujudkan vaksinasi dosis 1 untuk peserta didik, terlaksana dengan lancar, tertib, dan sukses.

Ketua Satgas Covid-19 SMP PGRI 1 Buduran, Drs. Koesmoko menyatakan sangat bersyukur vaksinasi massal untuk peserta didik bisa terlaksana dengan baik dan benar.

“Saya berharap secara bertahap bisa menuntaskan vaksinasi untuk warga sekolah hingga 100 persen.

Namun, masih terkendala beberapa hal, di antaranya: peserta didik yang menjadi penyintas belum 3 bulan, peserta didik yang tidak/belum diizini orang tua/wali, dan peserta didik yang masih berindikasi sakit,”katanya.

Kepala Puskemas Buduran, dr. H. Yoppy Agung Priambodo, MM mengatakan, pihaknya menyambut baik kerja sama yang sudah terjalin dengan SMP PGRI 1 Buduran dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

“Kami juga berterima kasih sekaligus mengapresiasi SMP PGRI 1 Buduran sebagai salah satu mitra terbaik kami selama ini,”ujarnya.

Ketua TimVaksinasi Puskesmas Buduran, Indar Kusumaningayu mengatakan, sangat bersyukur dan senang bisa memberikan pelayanan prima kepada SMP PGRI 1 Buduran dalam vaksinasi peserta didik.

“Insya Allah untuk vaksin dosis 2 akan dilaksanakan di sekolah lagi. Semoga selalu diberi kelancaran dan kemudahan,”katanya.

Sementara itu, Babinkamtibmas Desa Siwalanpanji, Bripka Hadi Prayitno mengingatkan agar semua pihak yang ikut dalam kegiatan tersebut untuk selalu menerapkan disiplin protokol kesehatan dengan baik dan benar. “Alhamdulillah, terlaksana dengan baik dan aman,”ujarnya.
(Koesmoko, Humas SMP PGRI 1 Buduran)