LOS SMP SMA Unggulan Amanatul Ummah (SATU TEKAD UNTUK HEBAT)

# MPLS

Pagi ini, 15 Juli 2019 pukul 07.00 – 08.00 semua siswa/wi baru SMP SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya mengikuti prosesi upacara pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di halaman sekolah dengan penuh khidmat dan antusias.

Nama boleh bevariasi, apakah MOS, apakah LOS atau MPLS. Intinya semua sama, yakni tentang masa masa sekolah memberikan pembekalan tentang informasi pokok dari sekolah tempat siswa/wi baru belajar.

Diawali dengan gladi bersih terlebih dahulu, kemudian para petugas mengambil posisi masing masing untuk mellanjutkan prosesi upacara pembukaan.

Saat suara yang khas keluar dari petugas MC guna memulai dibacakannya susunan upacara dalam rangka pembukaan Layanan Orientasi Siswa tahun pelajaran 2019/2020, seketika itu pula seluruh peserta yang hadir terbawa oleh suasana yang khidmat penuh perhatian. Pandangan mata seluruh peserta upacara seakan tertuju ke arah petugas yang sedang menjalankan tugasnya dengan rasa amanah dan penuh percaya diri.

Sejumlah 300 peserta upacara yang hari ini hadir, gabungan dari siswa/wi SMP dan SMA Unggulan Amanatul Ummah program Full Day School Surabaya tak satupun yang tampak lelah mengikuti rangkaian demi rangkaian opening ceremony pembukaan LOS pagi ini.

Kemeriahan acara baru terasa setelah amanat pembina upacara disampaikan. Dimana MC menyebutkan ada acara sisipan yakni penyematan tanda peserta secara simbolis sebagai tanda dimulainya kegiatan kegiatan LOS secara resmi dilanjutkan pelepasan balon.

Balon yang dilepaskan ada 2 jenis kategori. Yang pertama adalah gugusan balon warna hijau. Dan yang satunya adalah gugusan balon warna warni.

Warna warna itu tidak dilambungkan saja tanpa makna. Namun disana syarat dengan makna filosofis dari balon dan perwarnaanya. Gugusan hijau adalah simbol bahwa sekolah kami adalah sekolah yang berkultur ahlus Sunnah wal jama’ah. Ideologi NU adalah cirikhas kami, Ulama’ Ulama’ NU adalah panutan kami. Lebih lebih father foundingnya Yayasan Amanatul Ummah ini adalah beliau al mukarrom Prof. Dr. KH. Aep Saifuddin Chalim, MA, putra tokoh NU Romo Yai Abdul Chalim asal Leuwimunding Cirebon.

Sementara gugusan warna warni yang satunya adalah simbol bahwa, setiap anggota baru, siswa baru yang bergabung dalam the big Family of Amanatul Ummah tentu harapan dan cita citanya berbeda beda. Ada yang setelah lulus dari tingkat Atas ingin berkuliah di Fakultas Teknik Sipil, Kedokteran, SosHum, Sastra, Kependidikan, Farmasi, Kesehatan Umum, Ekonomi, Hukum, Agama atau melanjutkan studi ke Luar Negeri, baik Timur Tengah maupun ke belahan benua Eropa, Amerika atau Asia lainnya.

Itulah makna pelepasan balon yang kami lambungkan pada acara pembukaan Layanan Orientasi Siswa SMP SMA Unggulan Amanatul Ummah pagi tadi. Dengan dilepaskannya balon balon yang beragam tadi, tersirat sebuah makna bahwa cita cita yang kami tanamkan pada siswa/wi kami bukanlah cita cita model kaleng kaleng. Kami memotivasi anak didik kami, santriwan santriwati kami dengan motivasi yang tinggi. Layaknya satu kaidah pernah menyatakan ” Jadilah pemuda pemuda yang kakinya hanya menapak bumi, tapi cita citanya setinggi bintang Tsuroyya.

Biarkan mereka bercita cita setinggi tingginya, segenap fungsionaris dan dewan guru serta para asaatidz akan selalu mengiringinya. Biarkan cita citanya seperti balon balon yang melambung tinggi ke arah langit pagi ini. Biarkan cita citanya mengudara bersama upaya dan kiat kiatnya yang sungguh sungguh ketika menempuh belajar di lembaga SMP – SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Barangsiapa yang memiliki cita cita tinggi, dan ingin mencapainya suatu hari nanti, kejarlah mulai hari ini. Persiapkan mulai hari ini dengan belajar yang rajin, belajar yang jujur, belajar yang baik, mengatur waktu, menghormati Ayah bundanya, orang tuanya, para dewan gurunya serta menjaga sholat lima waktu, InsyaAllah hidupnya barokah dan cita citanya dimudahkan dengan iringan do’a do’a mustajabah mereka.

Selamat menjalankan kegiatan LOS/MOS bagi siswa/wi baru SMP – SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya TA 2019/2020. Kami berupaya untuk ikhlas memberikan layan terbaik kami, dan kami terus upayakan agar kalian nantinya akan menjadi salah satu diantara 4 peruntukan alumni dan lulusan yang selama ini disampaikan oleh Bapak Kyai kita.

Ucapan Terimakasih kepada:
Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, MA
Dr. H. Muhammad Al Barra, Lc, M.Pd.
Dr. H. Mauhibur Rahman, Lc, MRCH.
Dr. H. Zakariyah, M.Pd.I
H. Ambar M.Pd.
Segenap fungsionaris SMPU AU (FDS)
Segenap fungsionaris SMAU UA (FDS)
Para petugas Upacara Bendera.

Semoga, kita bisa mewujudkan tema yang kita sepakati bersama, yakni

” SATU TEKAD UNTUK HEBAT”
Congrats, for All.

Hilmi Saputra

Jurnalis Citizen MM.com