BUPATI JEMBER MEMULAI PENDATAAN KEMBALI ASET PEMERINTAH DAERAH.

JEMBER – MENARAMADINAH.COM-Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto membentuk tim inventarisasi tanah pesisir untuk diambil alih hak pengelolaannya. Dalam rapat yang dilaksanakan di Pendopo Wahyawibawagraha pada Senin (26/07/2021) tersebut, Bupati Hendy mengundang pihak-pihak terkait di antaranya Asisten Pemkab Jember, jajaran BPN Jember, Dandim, Kajari, Kapolres, Kabag Hukum, Kabag Tapem, Kadin. Kelautan dan Perikanan serta para camat di daerah pesisir.

“Pemkab Jember akan inventarisasi seluruh wilayah pesisir untuk diambil hak kelolanya, 100 meter dari bibir pantai itu milik Pemerintah Daerah, untuk apa, untuk kami kelola menjadi wisata bahari, pabrik, dan lainnya atas nama Pemkab Jember, bukan perseorangan,” jelas Bupati Hendy.

Dengan pengelolaan oleh pihak Pemkab Jember, maka Bupati Hendy dapat memaksimalkan potensi tersebut untuk pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Jember. Kemudian PAD tersebut bisa disalurkan kembali untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mengurangi angka kemiskinan.

“Sektor kelautan potensinya luar biasa, ini akan memaksimalkan PAD kita dan kami kembalikan kepada warga Jember, caranya bagaimana ya Pemkab Jember harus menguasai dulu kawasan tersebut untuk kemudian dikelola,” sambungnya.
Dia memohon seluruh pihak yang tergabung dalam tim inventarisir ini untuk berkolaborasi menyukseskan tujuan ini.

“Kabupaten Jember memiliki angka kemiskinan 300.000 warga miskin, ini harus dientaskan, dan ini saya tidak bisa terima dengan kemiskinan ini, Kabupaten Jember ini kaya raya, pantainya panjang juga, niatnya satu untuk kemakmuran warga Jember dan pengelolaannya atas nama Pemkab Jember,” tegasnya. (ipf.sta)