Di Pekan Budaya Tapak Jejak Kadiri Pamerkan Foto Situs, Buku Raja Joyoboyo dan Pusaka

Kediri-Pekan Budaya yang diadakan Pemkab Kediri di Alun Alun Gumul Simpang Lima pada 7-13 Juli 2019 cukup menari pera pecinta dan pegiat sejarah leluhur. Salah satunya adalah Tapak Jejak Kadiri pimpinan Dian Wijaksanajati.

TaPak Jejak Kadiri ini di stannya memamerkan foto foto prasasti dan situs situs yang ada di Kab Kediri maupun Kota Kediri. Boleh dikatakan lengkap sebagai pusat informasi.

“Ya kami datangi san potret. Biar terfoto. Sehingga saat pameran ini bisa dilihat. Tanpa harus mendatangi situs situs yang lokasinya antara satu dengan lainnya berjauhan,”ujar Doni Wicaksonojati yang sering turun ke lapangan melihat keberadaan situs oeninggalan kerajaan Kediri secara langsung.

Selain itu, stan Tapak Jejak Kadiri  memamerkan buku karya Drs. Husnu Mufid,MPdI berjudul : Perjuangan Prabu Hayam Wuruk dan Prabu Joyoboyo Menuju Zaman Kencono Rukmi.

Buku tersebut, menceritakan tentang Prabu Airlangga mendirikan kerajaan dan Prabu Joyoboyo menyatukan kerajaan Panjalu dan Jenggala.

Juga di Stan Tapak Jejak Kadiri memamerkan keris dan benda benda bersejarah kerajaan Kadiri. “Silahkan hadir ditempat kami,”ujar Doni Wicaksonojati sambil membetulkan rambutnya yang gondrong.

Husnu Mufid

Koresponden MM.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *