Berwisata sejarah di Candi Lor, Cikal Bakal Berdirinya Kabupaten Nganjuk

Mengunjungi tempat-tempat wisata di Kabupaten Nganjuk rasanya belumlah lengkap bila kita tidak singgah di Candi Lor atau biasanya disebut Candi Boto.Candi ini merupakan monumen kemenangan dan cikal bakal lahirnya Kabupaten Nganjuk yang diperingati setiap tanggal 10 April.

Letak Candi Lor ada diDesa Candirejo,Loceret,Nganjuk.Dari perempatan Candirejo Jl.Raya Nganjuk-Kediri menuju barat sekitar 500 meter ,posisi candi diselatan jalan.

Candi yang pernah dikunjungi komedian Tukul Arwana beserta tim sebuah program misteri di Trans 7 ini memiliki sebuah keunikan.Diatas bangunan candi tumbuh pohon kepuh dengan akar dan batang yang kuat dan besar,akar-akarnya masuk dalam sela-sela batu bata candi.Pohon tersebut usianya telah mencapai 500 tahun.

Berdasarkan keterangan dari Mas Pariadi(39) selaku penjaga candi,Candi Lor didirikan oleh Mpu Sindok,Raja Mataram Hindhu bergelar Sri Maharaja Sri Isyana Wikrama Dharmatunggadewa yang memerintahkan Rakai Hinu Sahasra,Rakai Baliswara serta Rakai Kanuruhan pada tahun 937 Masehi ,untuk membangun sebuah bangunan suci bernama Sri Jayamerta sebagai penetapan area Anjuk Ladang(sekarang Nganjuk) sebagai area swatantra atau daerah otonomi.

Di area Candi Lor terdapat dua makam abdi dalem kinasih Mpu Sindok yaitu Eyang Kerto dan Eyang Kerti yang merupakan pasangan suami-istri.Selain itu ada juga reruntuhan arca ganesha dan nandi.Terdapat juga prasasti bertarikh yang menyebutkan bangunan suci Sri Jayamerta,Anjuk Ladang tutungani tanda swatantra.

Masyarakat Desa Candirejo dan Dusun Kalangan selalu mengadakan ritual selametan bersih desa atau nyadran di Candi Lor tiap Bulan Ruwah dalam kalender Jawa.Hal ini adalah sebuah tradisi untuk mengenang dan mendo’akan leluhur mereka yang telah berjasa dalam merintis kampung halaman mereka.Ini merupakan sebuah local wisdom atau kearifan lokal yang memperkuat jatidiri bangsa.

Para wisatawan yang berkunjung ke Candi Lor tidak dikenakan biaya tiket masuk,pengelola hanya menyediakan kotak amal.Biasanya pengunjung yang datang ke Candi Lor adalah masyarakat umum,pelajar,mahasiswa,pelaku dunia spiritual dan peneliti sejarah yang mengadakan observasi.

Bro J,Koresponden menaramadinah Kota Nganjuk