Survai SMRC : 48 % Warga Berharap Pemerintah Dukung Palestina, Hanya 2 % Berharap Dukung Israel

Jakarta, 31 Mei 2021-menaramadinah.com- Survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terkini menunjukkan bahwa warga Indonesia yang berharap pemerintah menyatakan dukungan pada Palestina jauh lebih besar daripada yang berharap pemerintah mendukung Israel.

 

 

Melalui survei ini, diketahui mayoritas warga (88%) tahu bahwa terjadi peningkatan konflik antara Israel dan Palestina beberapa waktu terakhir.

Di antara warga yang tahu konflik, ada sekitar 48% yang berharap pemerintah menyatakan dukungan terhadap Palestina, sedangkan yang mengharapkan pemerintah mendukung Israel hanya 2%. Yang berharap pemerintah netral membantu mencari jalan tengah untuk kedamaian kedua belah pihak 42%. Yang tidak punya sikap 9%.

Temuan ini ditampilkan Direktur Komunikasi SMRC, Dr. Ade Armando, dalam peluncuran hasil survei SMRC bertajuk “Sikap Publik Nasional terhadap Konflik Israel dan Palestina” yang diselenggarakan secara daring pada Senin, 31 Mei 2021, di Jakarta. Survei melalui telepon ini dilakukan pada 18-21 Mei 2021 dengan sampel 1203 responden yang dipilih secara random. Margin of error diperkirakan +/- 2,9%.

Survei ini juga menunjukkan mayoritas Indonesia memandang pemerintah Indonesia selama ini telah berperan besar dalam membantu penyelesaian konflik Israel-Palestina.

Dari yang tahu konflik Israel-Palestina, sekitar 63% menilai bahwa peran pemerintah Indonesia dalam membantu penyelesaian konflik Israel-Palestina sejauh ini besar/sangat besar. Yang menilai kecil/sangat kecil 19%, dan yang tidak menjawab 18%.

 

–AKHIR SIARAN PERS–

Narahubung:

Irwan (081807252492)