Selamat Memperingati Malam Nuzulul Quran

Cirebon – Malam Nuzulul Quran, Lalu apakah keistimewaan dari malam tersebut dibandingkan dengan malam-malam di bulan Ramadhan yang lainnya ?

Untuk lebih jelasnya mari kita fahami bersama mengenai keistimewaan dari Malam Nuzulul Quran dalam syariat Islam berikut ini.

Dan secara istilah Nuzulul Quran memiliki arti peristiwa yang sangat penting mengenai turunya Al Quran kepada Nabi Terakhir, Nabi Muhammad saw. Jadi Malam Nuzulul Quran bisa secara singkat diartikan sebagai malam dimana Allah swt menurunkan kitab suci Al Quran kepada Rasulullah saw.

Lantas apakah Keistimewaan dari malam tersebut ?
Jika kita merujuk pada pengertian dari Nuzulul Quran maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa akkeistimewaan dari malam tersebut adalah sebagai berikut :
1. Malam Turunnya Al Quran
Keistimewaan yang pertama adalah malam turunya Al Quran. Dan ini pun tak terjadi pada malam-malam yang lainnya. Al Quran diturunkan bukan hanya untuk Nabi Muhammad saja, melainkan untuk pembeda antara yang baik dan benar serta petunjuk bagi umat Islam.

Al Quran diturunkan pada malam Lailatul Qadar secara keseluruhan, namun penyampaiannya kepada Nabi Muhammad yang dilakukan secara berangsur-angsur.

Dan Al Quran itu telah kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan kami menurunkannya bagian demi bagian.” (QS. Al Isra : 106)

2. Diturunkannya Wahyu yang Pertama
Pada Malam ini pula, Allah Swt menurunkan wahyu yang pertama melalui perantara malaikat Jibril. Dan wahtyu yang pertama ini diturunkan Surah Al Alaq ayat 1-5 bertempat di sebuah gua bernama gua hira’.

3. Diangkatnya Nabi Muhammad saw menjadi utusan Allah Swt dan menjadi Nabi yang terakhir. Semenjak masih kecil memang sudah muncul ciri-ciri kenabian dalam Nabi Muhammad Saw. Namun pada usia 40 an lah Allah baru secara resmi mengangkat Nabi Muhammad sebagai seorang Rosul. Dan diangkatnya beliau menjadi seorang nabi ini terjadi pada saat wahyu pertama yang beliau terima di bulan Ramadhan tepatnya pada saat Malam Nuzulul Quran. Nabi Muhammad sendiri juga merupakan Nabi Akhiruszaman yang artinya sebagai nabi terakhir yang membawa umat Islam dari zaman jahiliyah menuju ke jaman terang benerang seperti saat ini.

Dan kewajiban bagi umat muslim selain mempercayai dengan adanya peristiwa nuzulul quran juga harus mengamalkan segala hal yang sudah diajarkan Rasulullah saw dalam beribadah keapda Allah. Serta kita juga harus rajin dalam membaca kitab suci Al Quran dan memahami isi serta mengamalkannya.

Selain itu Malam Nuzulul Quran juga merupakan malam turunya petunjuk bagi umat muslim dalam menjalankan kehidupan di dunia untuk menuju ke kehidupan yang abadi yakni di akhirat kelak.

Subhanallah, Begitu istimewanya peristiwa Malam Nuzulul Quran dan sangat berguna bagi seluruh umat muslim baik yang hidup di masa lalu, sekarang ataupun di masa yang akan datang. Semoga penjelasan diatas mampu membuat kita lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah, Di bawah naunganMu kami berpasrah, di genggamanMu semua kuasa, tak ada alasan lagi untuk kami berpaling dariMu, Selamat memperingati Nuzul Qur’an. (isi)